Tangan-Tangan Jahil Rusak Museum Taman Prasasti

|

Pasha Ernowo - Okezone

Museum Taman Prasasti (Foto:Pasha Ernowo/Okezone)

Tangan-Tangan Jahil Rusak Museum Taman Prasasti
INDONESIA memiliki banyak bangunan dan benda bersejarah. Sayang, ribuan koleksinya yang sudah di berada di museum hampir seluruhnya rusak oleh tindakan vandalisme.

Agung Sugianto (20), salah seorang pemandu tur Komunitas Historia Indonesia (KHI) di Museum Taman Prasasti menjelaskan bahwa tindakan pengrusakan dilakukan oleh orang-orang jahil dan tidak bertanggung jawab. Tindakan mencorat-coret batu nisan yang mempunyai nilai histori tinggi adalah salah satu yang mengkhawaritkan.

“Ketika bangunan bersejarah dirusak oleh vandalisme dan pencurian, itu juga merusak sektor pariwisata secara substansial dan mencerminkan kalau generasi muda Indonesia tidak mencintai dan tidak bisa menjaga benda-benda bersejarah,” kata Agung di sela tur “Night at The Museum” di Museum Taman Prasasti, Jakarta, belum lama ini. “Ini adalah hal yang mengkhawatirkan karena apabila dibiarkan dapat menghilangkan keberadaan situs-situs bersejarah ini,” tambahnya.

Agung mengungkapkan, sebenarnya perbuatan tersebut sudah sering diperingati oleh para penjaga Museum Taman Prasasti. Namun, jumlah penjaga museum terbilang tidak memadai bila dibandingkan dengan pelaku corat-coret. Mereka pun kewalahan menghadapinya.

“Selain itu, tidakan orang tersebut apabila ketahuan penjaga biasanya mereka langsung lari melalui pagar. Jadi, para penjaga susah untuk menangkapnya,” tandasnya.

Hal yang sama diungkapkan Suci, pemandur tur lainnya, yang mengatakan bahwa tindakan vandalisme susah diberantas. “Ke depannya, museum akan direvitalisasi oleh pemerintah pusat karena museum ini milik pemerintah sehingga akan dapat menarik lebih banyak pengunjung dan akan ada penambahan penjaga untuk menghindari tindakan vandalisme,” tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sweety Boyong 10 Keluarga ke Jepang & Malaysia