Item-Item Wajib Dibawa Saat Melahirkan

|

Restika Ayu Prasasty - Okezone

Persiapan jelang kelahiran (Foto: Corbis)

Item-Item Wajib Dibawa Saat Melahirkan
SELAIN melelahkan, proses persalinan bakal membutuhkan banyak item penting sebagai penunjang. Inilah daftar barang-barang yang perlu Anda persiapkan.

Ketika tiba waktunya bagi Anda untuk melahirkan, jangan lupa untuk menyiapkan dan mengepak barang penting apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit. Agar tidak ada yang tertinggal, maka Anda pun perlu menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. Ketahui barang-barang yang dibutuhkan lewat ulasan di bawah ini, seperti dilansir Boldsky.

Pakaian ganti

Bawalah baju ganti saat persalinan. Tidak perlu terlalu banyak. Satu atau dua baju ganti sudah cukup.

Pakaian dalam

Anda tidak tahu berapa lama akan tinggal di rumah sakit. Maka yang paling Anda butuhkan adalah pakaian dalam bersih. Bawa setidaknya lima sampai delapan pasang pakaian dalam.

Pembalut

Ibu yang melahirkan akan mengalami pendarahan setelah bayi lahir. Jadi, bawalah pembalut terutama yang ukurannya panjang.

Buku atau CD kesukaan Anda

Ketika Anda akan melahirkan, mungkin Anda harus menunggu lama di rumah sakit karena belum mencapai pembukaan yang tepat. Isilah waktu kosong ini dengan membaca atau mendengarkan musik untuk menenangkan Anda.

Kantong air panas

Di rumah sakit mungkin tersedia kantong air panas, tapi sebaiknya Anda juga membawa sendiri. Kantong ini berguna untuk membantu Anda santai ketika masa pemulihan setelah melahirkan.

Kain bersih

Bawalah kain yang bersih dan lembut untuk membedong bayi Anda. Kulit bayi yang baru dilahirkan sangat tipis dan lembut, hindari membedong bayi dengan kain yang kasar.

Botol susu

Bawalah beberapa botol susu untuk mengantisipasi keadaan terduga yang membuat Anda tidak dapat dapat menyusui bayi. (ind)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Yang Dilakukan saat Tes Alergi