Semakin Banyak Wanita Hamil Melahirkan di Pesawat

Minggu, 8 April 2012 - 14:05 wib | Mutya Hanifah - Okezone

(Foto: nymetroparents)

Semakin Banyak Wanita Hamil Melahirkan di Pesawat
BEBERAPA hari yang lalu, seorang wanita hamil dalam penerbangan dari Afrika ke Atlanta, Amerika Serikat, terpaksa melahirkan bayinya di atas pesawat, dengan bantuan kru pesawat. Hal aneh dan mengejutkan ini ternyata bukan pertama kalinya terjadi.

Setidaknya dalam dua bulan terakhir ini, ada dua ibu hamil yang terpaksa melahirkan bayinya saat berada di ketinggian 30.000 kaki, atau bahkan lebih tinggi lagi. Wanita yang terbang dari Afrika ke Atlanta ini melahirkan tiga minggu lebih awal dan persalinannya dibantu bidan yang kebetulan ada di pesawat tersebut, dibantu dengan awak kapal.

Beberapa minggu sebelumnya tepatnya 9 Februari, seorang wanita yang berada dalam penerbangan dari Los Angeles ke Fort Lauderdale melahirkan bayinya di pesawat, dengan bantuan pramugari yang juga mendapat panduan medis melalui telpon oleh MedAire, sebuah perusahaan yang membantu maskapai penerbangan mengatasi masalah medis yang ada di pesawat.

“Pesawat bukanlah tempat yang baik untuk melahirkan bayi," tutur Dr Russell Rayman, mantan direktur ekseskutif Aerospace Medical Association seperti dikutip dari MSNBC, Minggu (8/4/2012). Kedua insiden ini, meskipun berakhir selamat namun bukanlah hal yang patut untuk dilakukan, apalagi pramugari dan awak kapal biasanya tidak memiliki keahlian dalam melakukan persalinan.

Beberapa maskapai juga mengawasi ketat penumpang hamil sebelum naik pesawat. Biasanya, wanita yang telah hamil 8 bulan tidak diperbolehkan lagi untuk berpergian dengan pesawat. Namun beberapa maskapai masih melonggarkan peraturan ini.

"Sebaiknya wanita hamil yang berpergian dengan pesawat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter, berapapun usia kehamilannya," demikian saran dari American Congress of Obstetricians and Gynecologists (ACOG). "Atau apabila terpaksa harus melakukan perjalanan udara, informasikan kepada awak pesawat yang bertugas mengenai usia dan kondisi kehamilan Anda," tukasnya.(uky) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Madura Kaya Wisata tapi Pemerintah Cuek