Sakit Saat Haid, Gejala Miom?

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Sakit saat haid (Foto: Corbis)

Sakit Saat Haid, Gejala Miom?
DOKTER, setiap kali saya haid terasa sakit sekali.  Apakah ini merupakan gejala miom? Pasalnya, teman-teman saya banyak yang mengatakan seperti itu. Terima kasih atas jawaban dokter.
 
Sinta (28) - Bekasi
 
Nyeri saat haid sebenarnya normal. Penyebabnya ada saluran darah yang tersumbat karena posisi rahim yang terlalu menunduk. Tetapi itu tidak masalah. Biasanya setelah hamil, sakit saat haid akan mereda atau tidak sakit karena posisi rahim menjadi normal.
 
Kalau nyeri haid dirasakan sejak lama, sejak gadis selalu merasa nyeri saat haid, tidak perlu diperiksa. Tapi kalau nyerinya baru-baru ini, atau misalnya pascamelahirkan terasa nyeri padahal saat dulu-dulu tidak sakit itu harus diperiksa, kemungkinan bisa ada kista atau miom.
 
Kalau nyeri saja tidak perlu diperiksa karena normal. Tetapi kalau nyeri dengan benjolan perut bawah disertai keputihan, waspadalah.
 
Sama seperti kista, miom atau dalam istilah medis tumor dinding rahim adalah penyakit yang salah satu faktor penyebabnya genetik. Jadi kalau ada sejarah keluarga memiliki miom, Anda juga berpeluang. Tetapi hal tersebut dapat dicegah dengan penerapan gaya hidup dengan sehat Dalam pola hidup sehat, termasuk konsumsi makanan yang sehat, tidak terlalu banyak lemak, tidak terlalu banyak daging, tidak stres, dan rutin berolahraga.
 
Salam
Dr Handrawan Nadesul
Konsultan dan penulis buku kesehatan
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Punya Perut Ramping, Ini Rahasia Syahrini