Kutu Kepala Juga Hinggapi Rambut yang Bersih

Jum'at, 27 April 2012 - 00:29 wib | Gustia Martha Putri - Okezone

Rambut bebas kutu (Foto: Corbis)

Kutu Kepala Juga Hinggapi Rambut yang Bersih
JIKA Anda berpikir bahwa kutu di kepala hanya menghinggapi orang-orang yang malas membersihkan rambutnya adalah salah. Kutu kepala juga mengincar rambut-rambut bersih dan terawat.
 
"Kutu kepala menyerang seluruh kelas sosial dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan kebersihan personal. Kutu menyenangi kepala yang bersih maupun yang kotor," tutur dr. Mirriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga".
 
Stoppard mendefinisikan, bahwa seseorang dikatakan kutuan ketika terdapat infestasi serangga kecil tak bersayap pada kulit kepala yang dapat menyebabkan gatal-gatal hebat dan kutuan bukanlah hal yang memalukan.
 
Meskipun tidak memiliki sayap, tetapi kutu dapat menyebar melalui kontak badan. Dia selalu membutuhkan darah untuk mempertahankan hidupnya.
 
"Kutu kepala hidup dan mengisap darah dari kulit kepala, meninggalkan bintik merah kecil yang menyebabkan gatal-gatal hebat," jelasnya.
 
Kutu dewasa dapat hidup beberapa pekan dan betina setiap hari mengeluarkan mengeluarkan telur pucat kecil (nit) di dekat kulit kepala. Telur menetas setelah beberapa hari.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Aktif Berhubungan Seksual Wajib Pap Smear"