Agar Steak Daging Lokal Bisa Empuk

Jum'at, 27 April 2012 - 18:35 wib | Johan Sompotan - Okezone

(Foto: Getty Images)

Agar Steak Daging Lokal Bisa Empuk
SALAM kenal, Bu Sisca, saya Lina (29). Saya suka sekali makan steak, tapi sekarang agak mengurangi karena muncul isu daging sapi impor kena penyakit sapi gila. Supaya lebih aman, sepertinya lebih baik memakai daging sapi lokal.
 
Tapi setahu saya, daging sapi lokal keras. Bagaimana caranya bisa empuk saat dimakan? Terima kasih atas informasinya, Bu.
 
Lina-Cengkareng
 
Jawab:

 
Memang, membuat steak lebih enak memakai daging sapi impor karena teksturnya lebih empuk. Karena ketika diternak, sapi-sapi ini benar-benar dimanjakan dan dijaga tidak stres, berbeda dengan sapi-sapi di Indonesia yang sering digunakan untuk bekerja sehingga teksturnya keras.
 
Namun bila ingin mengolah daging sapi lokal, tidak perlu khawatir dengan melakukan beberapa trik yang terbilang cukup mudah. Karena teksturnya lebih keras, daging sapi lokal harus diolah lama. Caranya, panggang daging sampai setengah matang, tusuk-tusuk dengan garpu agar cepat matang ketika dibakar nanti, kemudian lumuri dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan, yaitu bawang putih, garam, lada, serta kecap.
 
Diamkan daging beberapa menit agar bumbu meresap kemudian panggang daging sampai berubah warna. Pada saat pemanggangan, tidak perlu mengoleskan daging dengan minyak. Sesudah matang, pindahkan daging sapi yang telah matang ke dalam wajan berisi sedikit air. Perbandingan airnya, satu kilogram daging menggunakan 500 ml, lalu masukkan susu cair dan masak hingga matang.
 
Untuk menambah kenikmatan bersantap, tambahkan kentang goreng atau brokoli rebus. Selamat mencoba!
 
Sisca Soewitomo
Pakar Kuliner
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Australian Ribs Steak Bikin Nagih!