Cara Kenali Bakat Anak sejak Dini

|

Birgitta Ajeng Destika - Okezone

Kenali bakat si kecil (Foto: Boldsky)

Cara Kenali Bakat Anak sejak Dini
SEBAGAI orangtua, Anda perlu mengenali talenta anak sejak dini. Jika sudah mengetahui bakat anak, Anda bertugas mendukung, mengasah, serta memeliharanya.

Agar bakat anak dapat diketahui sejak dini, Anda perlu simak pemaparan berikut, seperti dilansir Sheknows.

Terlahir seperti ini?

Beberapa anak memperlihatkan bakat mereka di usia yang sangat muda, sementara anak yang lain belum menemukan talenta saat telah dewasa. Misalnya, seorang anak berbakat menjadi aktor dan sejak kecil sudah memperlihatkan minatnya tersebut dengan tanda bahwa dia senang bergaya di depan cermin. Lantas, anak lain memperlihatkan bakat atlet ketika memasuki usia praremaja.

Temukan bakat dengan kegiatan belajar

Melakukan kegiatan yang berbeda dapat membantu anak menemukan bakatnya. Kegiatan yang lain dari biasanya dengan pergi ke museum atau mengajak anak berdiskusi mengenai karier. Hal ini akan membantu anak untuk memiliki pemikiran yang terbuka.

Anda perlu mendorong anak, namun jangan memaksa

Mendorong anak untuk menemukan bakatnya sejak dini sudah menjadi tugas orangtua. Namun, orangtua tidak perlu memaksa anak melakukan kegiatan yang bukan minatnya. Jika orangtua mendorong terlalu keras, anak akan merasa tertekan. Orangtua perlu mendukung anak dalam mengembangkan talenta.

Memberikan bantuan

Anda perlu mencarikan dan mendaftarkan anak untuk mengikuti kursus musik bila anak gemar memainkan piano. Namun yang lebih penting dari semuanya adalah Anda perlu menikmati dan mengamati perkembangan bakat anak seiring pertambahan usianya. Anda perlu mendukung, memelihara, dan memberi penghargaan atas bakat anak yang terus berkembang. (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sibuk Kerja, Indra 'ST12' Sulit Bertemu Keluarga