Begini Cara Latihan Otot Dasar Panggul

Selasa, 15 Mei 2012 - 00:02 wib | Gustia Martha Putri - Okezone

Senam kegel bersama pasangan (Foto: Corbis)

Begini Cara Latihan Otot Dasar Panggul
ANDA mungkin sudah banyak yang sering dengar mengenai senam kegel atau latihan otot dasar panggul. Tapi sudahkah Anda mencobanya?

Senam kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Pubococcygeus (PC). Pubococcygeus sendiri adalah otot yang sama seperti saat Anda menahan kencing.

Semula senam kegel dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin yang dipopulerkan oleh Dr. Arnold Kegel sejak tahun 1945. Tapi kini senam kegel lebih dikenal dengan senam seks karena juga bermanfaat bagi kehidupan seks.

Hampir semua wanita pernah merasakan sedikit rembesan saat batuk atau mengangkat beban berat. Latihan dasar otot panggul dapat memperbaiki hal ini.

Tidak jarang pasangan yang mengalami urin keluar saat penetrasi seks. Hal ini tentu saja membuat kegiatan bercinta jadi kurang nyaman.

Senam kegel bisa melatih otot tulang panggul dan mengurangi inkonsistensi urin yang menyebabkan urin keluar secara tiba-tiba. Pasangan suami-istri yang menghadapi masalah urinasi, bisa mengatasinya begitu mereka mulai latihan senam ini.

Berikut adalah cara melakukan latihan otot dasar panggul yang dipaparkan Dr. Mirriam Stoppard dalam bukunya "Panduan Kesehatan Keluarga":

- Langkah pertama adalah mencari kelompok otot yang membentuk angka delapan di sekitar vagina, uretra, dan anus. Anda dapat melakukan ini dengan menghentikan aliran urin beberapa kali saat buang air kecil.

- Kencangkan otot-otot tersebut selama lima detik, relaksasikan selama lima detik, allu kemcangkan kembali. Pastikan Anda tidak hanya mengencangkan bokong dan cobalah tidak mengencangkan otot perut di saat yang sama. Awalnya Anda mungkin tidak mampu menahan tegangan selama lima detik, tapi Anda cenderung mengembangkan kemampuan ini begitu otot dasar panggul menjadi lebih kuat.

- Tahap berikutnya adalah mengencangkan dan merelaksasikan otot 10 kali, secepat mungkin hingga otot tersebut terasa 'bergetar'. Anda mungkin perlu berlatih selama beberapa waktu untuk mengontrol otot dengan cara ini.

- Selanjutnya, kontraksikan otot dalam waktu yang lama dan stabil seakan-akan mencoba menarik sebuah benda ke dalam vagina Anda. tahan kontraksi selama lima detik.

- Langkah terakhir adalah mengedan, seperti menggosongkan usus besar, tapi lebih mendorong melalui vagina daripada anus. Tahan tegangan selama lima detik.

Secara bertahap, tingkatkan hingga 10 kontraksi, 10 kali setiap hari atau lebih, setiap beberapa jam sekali, dan periksa kemajuan Anda satu atau dua kali per minggu dengan menghentikan aliran saat buang air kecil.

Setelah sekitar enam minggu berlatih, Anda akan merasa lebih mudah menghentikan aliran daripada sebelumnya.

"Yang menyenangkan dari latihan otot dasar panggul adalah, begitu telah menguasai teknik ini, Anda dapat melakukannya di mana saja, kapan saja. Saat berbaring atau saat sedang menonton televisi," tutup Stoppard.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Aktif Berhubungan Seksual Wajib Pap Smear"