Minyak Zaitun Bukan untuk Menggoreng

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto: Getty Images)

Minyak Zaitun Bukan untuk Menggoreng
MINYAK zaitun tidak bisa dipakai sembarangan alias untuk semua menu dan metode memasak. Salah satu metode yang sebaiknya tidak menggunakan minyak zaitun adalah menggoreng.
 
"Minyak zaitun sebenarnya juga bisa dipakai untuk menggoreng, tetapi apakah kita mau? Faktor harga bicara, ngapain kita menggoreng kerupuk pakai minyak zaitun?," kata Chef Stefu Santoso, Chef of Amuz Gourmet Restaurant, kepada Okezone usai acara Borges Chef Cooking Competition 2012” di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, baru-baru ini.
 
Selain faktor pemborosan, minyak zaitun juga tidak boleh terkena suhu panas tinggi. Padahal dalam metode menggoreng, suhu api yang diperlukan haruslah tinggi.
 
"Minyak zaitun akan berubah fungsi, dari yang tadinya baik menjadi lemak trans. Lemak trans akan berbahaya buat manusia. Memang tidak langsung berbahaya, tapi lama kelamaan dan sering, akan membahayakan. Mungkin perlu dilakukan pengetesan laboratorium," lanjutnya.
 
Suhu api tinggi juga menyebabkan khasiat serta manfaat minyak zaitun hilang. Akan lebih baik bila minyak zaitun diolah sebagai tambahan dalam metode menumis, dressing salad, atau diminum begitu saja.
 
“Jangan digunakan untuk menggoreng," tegasnya.
 

  (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Vokalis Ini Tidak Berani Santap Kuliner Ekstrem Manado