Bekal-Bekal Sekolah Sehat untuk Anak

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto: corbis)

Bekal-Bekal Sekolah Sehat untuk Anak
MEMBAWA bekal untuk anak ke sekolah memang sangat penting. Namun, tak kalah penting adalah jenis makanan yang Anda bawa sebagai bekal mereka.
 
Pagi hari bisa menjadi momen yang sangat sibuk untuk para orangtua. Ini adalah waktu untuk menyiapkan bekal bagi anak-anak ke sekolah.
 
Bekal berkualitas tentu menjadi kunci pemenuhan gizi bagi anak. Berikut beberapa bekal sehat untuk anak-anak di sekolah, seperti diulas Healthyfood:
 
Serat tinggi dan gandum
 
Hindari bekal sandwich dari roti lapis putih sebelum jam makan siang. Ganti roti lapis putih dengan roti gandum yang memiliki kadar serat tinggi. Meskipun sangat penting memilih jenis bekal yang tinggi serat, seperti gandum, anak-anak juga memertimbangkan rasa dan tekstur pada bekalnya.
 
Protein
 
Protein dibutuhkan oleh orang dewasa dan anak-anak untuk membantu mendapatkan rasa puas dalam mengonsumsi makanan. Komponen protein juga perlu hadir dalam makan siang anak-anak karena bisa membantu menyediakan sejumlah nutrisi penting, seperti kalsium, besi, dan magnesium.
 
Makanan kaya protein biasanya membantu memertahankan energi. Pilihan yang terbaik, seperti keju, yogurt, susu, telur rebus, daging ayam, tuna, dan sebagainya. Telur rebus bisa jadi pilihan terbaik untuk anak-anak, apalagi bila Anda menyajikannya dengan cantik, seperti bentuk wajah.
 
Buah
 
Buah merupakan unsur terpenting dalam bekal makan siang anak. Jauhi apel dan pisang, ganti dengan buah yang bisa menjadi daya tarik buat anak, seperti anggur, stroberi, dan lainnya. Pilih buah berukuran kecil yang pas untuk kapasitas mulutnya. Pilih juga buah yang penuh rasa dan yang lebih menarik. Bisa juga memberikan buah kering atau buah kalengan.
 
Kue
 
Selain makanan berat, Anda juga bisa bekali anak-anak dengan makanan ringan untuk membantunya mendapatkan energi ekstra. Bahkan, makanan ringan bisa menambah sedikit kegembiraan kepada anak-anak ketika mereka melihat isi kotak makannya.
 
Cairan

 
Selain makanan, sudah pasti Anda juga harus memersiapkan minuman untuk anak-anak. Faktanya, berdasarkan penelitian pada 2008, gula pada jus buah kemasan atau minuman ringan lainnya cukup tinggi. Bila terlalu sering dikonsumsi, minuman-minuman ini bisa menyebabkan obesitas. Anak-anak disarankan tidak mengonsumsi minuman manis lebih dari dua minuman per pekan, termasuk jus buah. Pilihan terbaik adalah air putih.
 
Untuk membuat anak-anak tertarik dengan air putih, carilah botol minuman lucu. Dia pasti tidak akan jenuh minum air putih.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Nikmatnya Mi Bakso Sirloin Kecap Jepang ala Melly Mono