Aktifkan Fungsi Otak Kanan & Kiri Bikin Anak Cerdas

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Anak asah kreativitas (Foto: Corbis)

Aktifkan Fungsi Otak Kanan & Kiri Bikin Anak Cerdas
OTAK kiri dan kanan memiliki fungsi yang berbeda. Perhatikan hal ini untuk mengetahui cara mengoptimalisasikan fungsi kedua otak demi kecerdasan anak.  
 
Otak kiri terutama mengendalikan aktivitas yang bersifat teratur, berurutan, rinci, sistematis, dan matematis. Otak kanan mengendalikan aktivitas yang bersifat berfikir divergen (meluas), imajinasi, ide-ide, kretivitas, emosi, musik, spiritual, intuisi, abstrak, bebas, dan simultan.
 
Selain nutrisi, stimulasi memegang peranan sangat penting dalam memaksimalkan kecerdasan anak. Stimulasi diperlukan agar hubungan antarsel syaraf otak (sinaps) dapat berkembang.
 
"Penting untuk diingat bahwa sinaps akan menghilang secara spontan bila tidak digunakan. Karena itu, jika kita menginginkan anak dengan kecerdasan multipel harus dilakukan perangsangan (stimulasi) sejak dini dalam kandungan sampai umur tiga tahun terus-menerus, setiap hari, penuh kasih sayang, penuh kegembiraan bervariasi dan teratur, serta merangsang otak kiri dan kanan bersama-sama," tutur Dr. Soedjatmiko, SpA(K), MSi, dalam seminar berjudul Nutrisi dan Stimulasi untuk Kecerdasan Anak di JIExpo, Jakarta, baru-baru ini.
 
Banyak hal yang dapat dilakukan orangtua untuk memberikan stimulasi pada anak, mulai dari memberikannya senyuman, menciumnya, bermain, hingga memberikan pijatan khusus guna merangsang syaraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan, dan menyehatkan otot-otot bayi.
 
"Selama tidak membahayakan, hindari melarang anak yang berumur di bawah tiga tahun dalam mengerjakan sesuatu. Bila anak terlalu sering dilarang oleh orangtua, kreativitas anak tidak bisa berkembang dengan baik," tutupnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan LASIK