Mau Pesan Kopi? Kenali Dulu Istilahnya!

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto: corbis)

Mau Pesan Kopi? Kenali Dulu Istilahnya!
JIKA diseduh dengan benar, kopi dapat menjadi teman terbaik di kala santai. Secangkir kopi hangat bahkan akan sangat pas dinikmati bersama camilan.

Ketika menyeruput kopi, setiap orang punya cara tersendiri. Simak beberapa jenis minuman kopi yang biasanya Anda pesan di kedap, seperti diulas Timesofindia:

Americano

Kopi ini dibuat dari kopi espresso dan 30 ml air panas. Nama “Americano” sebenarnya menyinggung warga Amerika yang tidak ingin menyeruput espresso sepenuhnya.

Espresso

Espresso adalah kopi hitam beraroma kuat yang dibuat dari biji kopi tanah.

Black coffee

Kopi ini disajikan tanpa pemanis maupun susu.

Cafe latte

Kopi ini dibuat dari espresso dan diberi susu, tetapi tidak menghasilkan busa ketika diseduh. Perbandingan susu dengan kopi yang ideal adalah 3:1.

Cafe au lait

Kopi ini hampir mirip cafe latte, hanya saja kopi ini diolah dari kopi tubruk bukan espresso. Untuk meraciknya, takaran susu dan kopi yang disarankan adalah 1:1.

Cappucino

Biasanya, kopi ini memiliki takaran yang seimbang antara espresso, susu, cokelat dan kayu manis sebagai topping-nya.

Cafe macchiato

Kopi ini diolah dari espresso serta susu rebus, dengan rasio 4:1.

Hammerhead

Hammerhead berisi espresso dalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi. Peracik kopi biasa menyebutnya “tembakan dalam gelap”.

Espresso con panna

Minuman ini dibuat dari kopi espresso serta whip krim di atasnya.

Frappe

Biasanya, kopi ini disajikan dingin. Untuk membuatnya, kopi, gula, air, dan es  disajikan dengan takaran satu hingga dua sendok teh. Minuman ini sering kali ditempatkan ke dalam gelas panjang dengan diberi es batu dan susu.

Instant coffee

Kopi ini biasanya diberi wiski Irlandia dengan penambahan krim di atasnya, bahkan kopi ini biasanya sudah berbentuk kering yang kemudian dihaluskan menjadi kopi bubuk. Cafe mocha, minuman ini sangat populer dengan diberi cappuccino atau latte dengan sirup cokelat sebagai campurannya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menteri Pariwisata Baru Harap Kenalkan Kuliner Indonesia