Bermain Bikin Anak Tangguh

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Anak-anak bermain (Foto: google)

Bermain Bikin Anak Tangguh
DUNIA anak adalah dunianya bermain. Selain menyenangkan, tahukah Moms bahwa bermain dapat membuat anak menjadi sosok pribadi yang tangguh?
 
Ya, rasa senang dan bahagia yang muncul saat seorang anak bermain senantiasa menyehatkan emosional anak. Anak-anak yang emosionalnya sehat, maka dia pun dapat lebih menjadi anak yang lebih tangguh.
 
"Kalau anak senang melakukan sesuatu, dia akan mengulang terus-menerus hal tersebut. Sehingga  unsur belajarnya tanpa disadari oleh si anak itu malah jadi fixed," tutur Dra. Ratih Andjayani Ibrahim, MM, psikolog, dalam acara Peluncuran Modul Raising a Life Ready Generation Dancow Parenting Center di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa 5 Mei 2012.
 
Ratih menyarankan, agar orangtua membiasakan anak menyukai permainan yang banyak melibatkan gerak tubuh.
 
"Prinsipnya, pilih permainan yang mengusung unsur fun and togetherness. Itu penting banget dan harus ada dalam setiap permainan. Pilihkan juga anak permainan yang membuatnya bergerak. Biarkan dia memanjat, melompat, dan berlari bersama-sama temannya," katanya.
 
Sedangkan untuk permainan-permainan game dalam gadget, Ratih menyarankan orangtua untuk mengenalkannya, tetapi selalu mengawasi dan membatasi.
 
"Anak zaman sekarang memang sulit untuk dihindarkan dari kemajuan teknologi. Kasihan juga kalau anak benar-benar disterilkan dari teknologi. Itulah fungsi orangtua, bukan untuk melarang, tetapi menjaga, mengawasi, dan membatasi. Kenalkan padanya teknologi yang ada itu ada baiknya, tetapi harus dibatasi dan beri penjelasan kepadanya bahwa alat-alat teknologi hanyalah satu dari banyak pilihan permainan yang bisa dia mainkan," tutupnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pria Pencemburu Punya Sperma Lebih Lemah