Solusi Efektif Hentikan Pertengkaran Kakak-Adik (II-Habis)

|

Gita Ramadian - Okezone

Anak berantem (Foto: Corbis)

Solusi Efektif Hentikan Pertengkaran Kakak-Adik (II-Habis)
PERNAHKAH Anda merasa frustasi karena setiap harus mendengarkan anak-anak Anda bertengkar? Tip berikut dapat membantu Anda untuk mengatasinya.

Perbedaan usia anak kerapkali membuat mereka bertengkar. Penyebabnya, urusan kecil yang sepele dapat menjadi pemicunya. Mungkin, hampir setiap hari Anda harus menjadi penengah dari berbagai konflik ini. Hal ini tentu akan menambah stres bagi orangtua. Bila terus-menerus dibiarkan, bukan tidak mungkin akan muncul kebencian di hati anak Anda. Berikut ini kiat-kiat menghentikan pertengkaran antar saudara, seperti dikutip dari About.

Beri pujian

Ada saatnya anak-anak Anda berbagi, bermain, dan saling menolong satu sama lain. Berilah perhatian dan sampaikan pujian Anda. Katakan dengan jelas bahwa Anda menyukai situasi seperti ini. "Mama menyukai kalau kalian berdua mau berbagi boneka dan bermain bersama," berikan pujian semacam ini perjelas dengan kalimat, "Kerja yang bagus, nak."

Siapkan aturan

Tidak boleh ada pukulan, jeritan, atau melempar barang dapat menjadi peraturan dasar yang dapat Anda berikan untuk mencegah keributan antar anak. Pastikan mereka memahami hal ini dan Anda dapat menuliskannya di tempat tertentu. Konflik terkadang memang tidak dapat dihindari, namun tetap ingatkan anak tentang peraturan yang tidak boleh dilanggar. Bila mereka melanggar, Anda boleh memberikannya konsekuensi.

Waktu bebas berbagi

Kita terkadang selalu memaksa anak untuk selalu berbagi, namun tidak ada salahnya untuk membuat waktu di mana beberapa mainan tidak boleh dipinjam. Biarkan anak untuk memilih tiga barang yang ingin dia mainkan. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat membuat anak merasakan benda miliknya selagi mengajarkannya untuk berbagi. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Artis Pakai Narkoba untuk Stamina?