Pengaturan Makan Diabetesi Saat Ramadhan

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Cek kadar gula darah dengan glukometer (Foto: Corbis)

Pengaturan Makan Diabetesi Saat Ramadhan
SAAT puasa diharuskan menahan lapar dan haus dari terbit matahari hingga tenggelam matahari. Agar dapat beribadah dengan baik, berikut hal-hal yang harus diperhatikan diabetesi untuk mengatur pola makan.
 
"Puasa jelas menimbulkan adanya perubahan pola, jadwal makan, dan cadangan energi. Harus disadari pada diabetesi, cadangan energi akan berubah. Saat makan sahur, adalah waktunya menyimpan energi. Jadi, diperlukan pengaturan asupan gizi seimbang," ujar Dr. Hepi Hapsari, dalam acara Diabetes Gathering ke-27, dengan judul "Diabetesi Saat Puasa Ramadhan", di RS. Premier Bintaro, Tangerang, Sabtu (9/6/2012).
 
Jika tidak pola makan tidak diatur dan dijaga, lanjutnya, maka akan menimbulkan terjadinya malnutrisi. Tidak hanya kurang energi, tetapi juga kelebihan energi. Maka itu diperlukan pengaturan, dengan menu gizi yang seimbang.
 
"Tujuan pengaturan pola makan saat bulan puasa khususnya bagi diabetesi adalah untuk mencegah hipoglikemi (kekurangan gula darah) dan hiperglikemia (kelebihan gula darah). Selain itu menjaga berat badan agar tetap normal, dan mencegah terjadinya dehidrasi," jelas Hepi.
 
Gizi seimbang pada diabetesi adalah asupan makanannya mengandung mikro dan makronutrien. Makronutrien berupa karbohidrat sebanyak 60,75 persen, lemak 10,25 persen, dan protein 10-15 persen. Sedangkan mikronutrien berupa vitamin dan mineral dari sayur dan buah, atau vitamin suplemen.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penderita Rematik Tidak Boleh Dimanjakan