Gejala-Gejala Kanker Paling Sering Diabaikan (I)

|

Restika Ayu Prasasty - Okezone

Dirawat di rumah sakit (Foto: Corbis)

Gejala-Gejala Kanker Paling Sering Diabaikan (I)
SERANGAN kanker dapat menjadi penyakit mematikan. Ketahui gejalanya di awal, sebelum Anda terserang di fase yang sulit disembuhkan.

Kanker stadium awal tentu lebih mudah disembuhkan, namun seringkali manusia tidak menyadari jika dia terkena kanker sampai penyakit tersebut berada dalam stadium akhir yang mematikan dan susah disembuhkan. Berikut ini beberapa gejala kanker yang seringkali diabaikan banyak orang, seperti dilansir Reader’s Digest.

Sesak napas

Salah satu tanda pertama kanker paru-paru ialah sesak napas. “Aku bahkan tidak bisa berjalan melintasi halaman tanpa mengalami sesak napas. Saya pikir punya asma. Tapi, saya tidak memiliki asma sebelumnya?” kata salah seorang pasien kanker paru-paru.

Batuk kronis atau sakit dada

Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia dan tumor paru-paru dapat menyebabkan gejala yang menyerupai batuk buruk atau bronkitis. Salah satu cara untuk membedakan, batuk dalam waktu lama, atau hilang dan kembali lagi dalam siklus berulang. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan jika mereka kerap mengalami sakit dada yang meluas sampai ke bahu atau bawah lengan.

Sering demam atau infeksi

Ini dapat menjadi tanda-tanda leukemia, yaitu kanker sel darah yang dimulai di sumsum tulang belakang. Leukemia menyebabkan sumsum memproduksi sel darah putih abnormal yang menggeser sel-sel putih sehat dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Seringkali dokter akhirnya menyadari leukemia pada orang dewasa setelah pasien beberapa kali mengeluh demam, perasaan sakit, dan gejala flu dalam jangka waktu panjang.

Sulit menelan

Paling sering dikaitkan dengan kanker kerongkongan atau tenggorokan. Kesulitan menelan kadang-kadang merupakan salah satu tanda pertama dari kanker paru-paru.

Pembengkakan kelenjar getah bening atau benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan

Pembesaran kelenjar getah bening menunjukkan perubahan dalam sistem limfatik yang dapat menjadi tanda kanker. Misalnya, benjolan atau pembesaran kelenjar getah bening di bawah lengan kadang-kadang merupakan tanda kanker payudara. Benjolan tidak nyeri pada leher, ketiak, atau pangkal paha bisa menjadi tanda awal dari leukemia. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kandungan Karsinogen Rokok Elektrik 10 Kali Lipat