Mengisi Waktu Luang dengan Hal Positif

|

SINDO -

Wanita berkumpul (Foto: Corbis)

Mengisi Waktu Luang dengan Hal Positif
BANYAK ibu muda yang sering jenuh dengan aktivitasnya sebagai ibu rumah tangga. Komunitas Ibu Muda Jakarta mengatasinya dengan melakukan banyak kegiatan seru, mulai membuat bazar sampai mengadakan talkshow untuk para ibu.

Intinya, Komunitas Ibu Muda Jakarta atau Jakarta Young Mom’s Community (JYMC) memang berfokus pada kegiatan untuk pengembangan pengetahuan ibu dan anak. Ini agar sebagai ibu rumah tangga, mereka masih bisa melakukan aktualisasi diri tanpa melupakan kewajiban untuk terus mencari pengetahuan guna menjadi ibu yang baik bagi anak-anaknya.

Tumbuh kembang JYMC bermula dari milis sebuah majalah ibu dan anak. Saat itu, salah satu anggota yang aktif di milis, yaitu Lindsey Afsari Puteri, mencetuskan ide untuk membuat sebuah komunitas tersendiri. Pada Februari 2010 pertemuan pertama diadakan. Belakangan, Lindsey didaulat sebagai ketua komunitas. Pada Maret 2010 JYMC langsung menggebrak dengan menggelar event besar.

Pada acara itu, diadakan kegiatan talkshow dengan narasumber para psikolog dan psikiater. Ada pula bazar pakaian anak-anak dan perlengkapan bayi dan anak. “Kami bikin big event itu minimal 1 tahun sekali dan diadakan di mal. Acaranya lomba busana untuk anak-anak, lomba mewarnai untuk anakanak, ada juga talkshow tentang ibu dan anak,” ujar Koordinator Bidang (Korbid) Kecantikan dan Olahraga, Bintang Roswida.

Tidak hanya big event, program kegiatan mingguan dan bulanan pun ada. Misalnya cooking class yang bekerja sama dengan salah satu merek penyedap rasa terkenal. Sementara, untuk anak-anak, ada kelas belajar sambil bermain, yaitu Gymboree. “Kita juga ada program bulanan seperti make-up class, hijab class, dan lari pagi di Senayan setiap minggu ke-3,” lanjutnya.

Tak ketinggalan, para ibu ini pun menggelar arisan. Dalam arisan yang diadakan sebulan sekali, diadakan rapat untuk membahas kegiatan atau acara berikutnya. “Jadi, kami akan mencari ide untuk kegiatan enam bulan ke depan,” sebut Korbid Kesekretariatan, Inda Chaerani. Meski rajin berkumpul dan mengadakan kegiatan, para ibu ini juga punya peraturan khusus. Misalnya, jika berkumpul paling lama hanya 5 jam.

“Soalnya biar bagaimanapun, prioritas utama kami adalah keluarga,” kata Bintang. Diakui Bintang, mengikuti komunitas JYMC bisa membuat hidupnya lebih hidup. “Orang kan suka mengalami fase jenuh dan suntuk. Saya merasa banget jadi ibu rumah tangga yang tiap hari kerjanya di rumah dan ngurus anak, itu tidak enak kalau begitu melulu dan wawasan dunia luar juga kurang.

Ikut komunitas ini jadi buat saya lebih pintar tanpa melupakan keluarga,” ceritanya. JYMC memang memiliki banyak anggota dari kalangan ibu muda dan wanita karier. Anggotanya juga terdiri atas beragam latar belakang, mulai psikolog, psikiater, mantan wartawan, pebisnis, pramugari, hingga politisi. “Jadi, dengan mengobrol bersama, kami bisa menambah wawasan. Kalau wawasan luas, kami juga bisa mendidik anak dengan baik,” ujar Inda. (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tanding di Malaysia, Putri Pariwisata Kalbar Pakai Baju Dayak