Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan yang Tepat

Rabu, 20 Juni 2012 - 16:26 wib | Ainun Fika Muftiarini - Okezone

Langkah-Langkah Mencari Pekerjaan yang Tepat Wawancara pekerjaan (Foto: Corbis)

DALAM beberapa tahun terakhir, kehilangan pekerjaan menjadi sesuatu yang memberikan tekanan cukup tinggi. Namun, jangan khawatir jika Anda dihadapkan pada kondisi seperti itu. Sebab, Anda hanya memerlukan beberapa tip dasar untuk menemukan pekerjaan yang sesuai.
 
Jika Anda bersedia untuk meluangkan sedikit waktu dan usaha, maka mencari pekerjaan bukan suatu kegiatan yang menakutkan. Sebab, Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya dan membuat surat lamaran dengan cepat.
 
Lalu, bagaimana Anda bisa menemukan pekerjaan yang tepat itu?
 
Seperti dilansir Lifestyle.co.uk, langkah pertama yang bisa Anda bisa lakukan ialah menanyakan pada teman atau keluarga. Sebab, banyak orang mendapatkan pekerjaan melalui referensi orang yang telah mengenal Anda dengan baik. Anda mungkin mempunyai kerabat atau kawan yang bekerja di perusahan besar, jadi tanyakan pada mereka jika saja ada posisi yang tersedia di perusahaan itu.
 
Melalui referensi bisa menjadi cara yang terbaik untuk mencari tahu tentang lowongan pekerjaan baru yang sedang buka sebelum mereka mengiklannya dan tentunya ini menjadi cara yang sedikit ampuh untuk menghindari persaingan.
 
Langkah kedua, Anda bisa mempertimbangkan melakukan pencarian kerja melalui situs-situs pekerjaan. Dalam beberapa tahun terakhir, internet sudah merubah cara di mana kita bisa mengetahui berbagai informasi dan menemukan pekerjaan yang tidak berbeda.
 
Ada ratusan jenis situs pekerjaan dan karier yang Anda bisa dapatkan melalui internet. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan diri Anda di situs tersebut. Hal ini juga menjadi cara yang baik bagi Anda untuk menemukan pekerjaan yang sesuai minat, sebab biasanya di situ-situs tersebut ada klasifikasi tersendiri mengenai ketersediaan posisi yang dibutuhkan. Tak hanya itu, dalam situs pekerjaan memungkinkan Anda untuk meng-upload data Anda sehingga perusahaan bisa melakukan pencarian terhadap para pelamar melalui situs tersebut.
 
Surat kabar lokal juga dapat menjadi sumber informasi untuk lowongan pekerjaan. Secara umum, koran lokal Anda memiliki halaman khusus mengenai lowongan pekerjaan, dengan berbagai kesempatan kerja yang meliputi informasi mengenai lokasi dan bidang karier. Biasanya, halaman khusus ini disediakan sekali sepekan.
 
Pastikan ketika mencari informasi lowongan melalui koran, Anda melamar pekerjaan yang sesuai. Hal yang paling penting diperhatikan ialah Anda bermain dengan waktu, karena biasanya iklan di koran memiliki deadline bagi pelamar.
 
Di beberapa kesempatan pemberi kerja juga kadang mengiklankannya secara langsung, seperti ditempel di tempat-tempat umum. Sekali lagi, waktu juga sangat penting di sini. Jadi jika Anda melihat sebuah iklan, respons dengan cepat sehingga memiliki kesempatan itu.
 
Cara lain untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat Anda bisa melalui job fair. Di sana, Anda bisa menemui para user-nya, sehingga bisa menanyakan langsung mengenai perusahaan yang dilamar dan posisi terbaik.
 
Jadi, mudah bukan untuk mendapatkan informasi pekerjaan? Tentunya hal itu disesuaikan dengan minat dan jenis pekerjaan yang tepat bagi Anda. (ina)
(tty)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »