Wah, Orang Indonesia Lebih Suka Makan di Luar Rumah!

|

Johan Sompotan - Okezone

Makan diluar rumah (Foto:Corbis)

Wah, Orang Indonesia Lebih Suka Makan di Luar Rumah!
RESTORAN dan kafe kini semakin banyak di setiap sudut Ibu Kota. Masyarakat lebih memilih makan di luar rumah dengan berbagai alasan. Apakah itu?
 
"Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat Indonesia lebih menyukai makanan di luar rumah, padahal kalau makan di rumah, takarannya bisa ditentukan sesuai selera masing-masing," kata Dr Grace Judio-Kahl, Msc, pengamat gaya hidup dan konsultan pengaturan berat badan, kepada Okezone di acara “World Menu Report 3: Seductive Nutrition” di Bistro Boulevard Restaurant, Menteng, Jakarta, baru-baru ini.
 
Menurutnya, faktor pertama adalah karena budaya masyarakat yang kurang peduli untuk membuat masakan di rumah. Menurutnya, kebiasaan ini harus diubah.
 
"Di Indonesia, belum 100 persen orang bisa memasak, dan menganggap kalau makan di luar jauh menghormati tamu daripada masak di rumah atau beli makan dari luar. Kalau di luar negeri, makanan yang dimasak sendiri justru lebih menghargai tamu," lanjutnya.
 
Faktor penyebab kedua adalah proses penyajian makanan luar rumah yang lebih memikat. "Makanan di luar rumah lebih menggoda selera dan mata. Penjualnya juga pintar menciptakan suasana, dari dekorasi, rasa, suasana, tempat, dan lainnya," bebernya.
 
Tak dipungkiri olehnya bila pola makan yang disajikan di rumah terkadang monoton. Alhasil, tidak mampu memancing selera makan.
 
"Kalau dibilang jenuh makan di rumah, itu tergantung yang masak. Sesekali makan di luar rumah tidak masalah," tandasnya.
 
Dia menegaskan, bila konsumen memilih lebih sering mengonsumsi makanan di luar rumah, maka sebaiknya perhatikan faktor kesehatan tubuh. "Kalau terlalu sering makan di luar rumah, lama-lama badan jadi melar, obesitas, dan penyakit yang muncul," tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Food

      Ikan Tuna Langka Bali Dijual di Jepang

      Baru-baru ini ikan tuna langka dengan penampilan tidak biasa telah membuat kejutan, ketika ikan tersebut dijual di Pasar Ikan Tsukiji.

    • Food

      Yuk Bikin Sarapan Sehat, Praktis, dan Cepat

      Banyak yang tidak menyadari pentingnya sarapan pagi. Ahli gizi Emilia Achmadi ingin membeberkan satu menu sarapan yang sangat mudah dibuat.

    • Food

      Makanan Penyebab Bau Mulut (I)

      Masalah bau mulut, bukan hanya disebabkan oleh gas dalam perut atau ada kerusakan gigi, tapi makanan juga bisa jadi penyebabnya.

    • Food

      Karya Seni Ini Terbuat dari Makanan

      Seorang stylist makanan telah menggabungkan keterampilan profesional dan artistik untuk membuat ilustrasi rumit yang terbuat dari makanan.

    • Food

      Ragam Makanan Khas Medan

      Ada banyak jenis makanan yang ada di Medan. Charles Bonar menuturkan beberapa makanan khas yang pernah dia makan di sana.

    • Food

      KFC Korea Keluarkan Burger Tanpa Roti

      KFC kembali mengeluarkan varian burger baru yang diberi nama Double Down yang tidak menggunakan roti burger.

    • Food

      Makanan Wajib Minati Atmanegara

      Bagi artis cantik Minati Atmanegara, meski bisa dibilang sudah berumur tapi tubuhnya masih terlihat sangat ideal.

    • Food

      Banyak Cara Menikmati Susu

      Semua orang dianjurkan minum susu setiap hari, namun banyak yang bosan saat mengonsumsinya dengan langsung diminum saja.

    • Food

      Konsumsi Susu di Indonesia Masih Rendah

      Seharusnya minum susu bukan lagi kebutuhan pelengkap, namun harus jadi kebutuhan pokok seperti halnya makan.

    • Food

      Cadbury Tidak Lagi Produksi Cokelat Koin

      Tahun ini akan menjadi Natal yang sepi cokelat. Produsen cokelat ternama Cadbury telah mengumumkan tidak akan lagi membuat cokelat koin.

    Baca Juga

    Ikan Tuna Langka Bali Dijual di Jepang