Jangan Pernah Merebus Kerang!

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto:Corbis)

Jangan Pernah Merebus Kerang!
BIASANYA dalam mengolah kerang, Anda terlebih dahulu memasaknya dengan cara direbus. Cara seperti itu sangat salah dilakukan karena bisa merugikan kerang yang diolah.
 
"Kalau mau mengolah kerang, jangan pernah direbus karena cara itu salah besar," jelas Chef Pranowo, Executive Sous Chef Hotel Le Meridien, saat berbincang dengan Okezone di Hotel Le Meridien, Sudirman, Jakarta Selatan, Sabtu (30/6/2012).

Dengan cara direbus maka akan membuat nutrisi dan gizi dari kerang akan menghilang secara keseluruhan, menurutnya bila dilakukan perebusan maka Anda sama saja hanya mengonsumsi air hasil olahan kerang yang direbus.

"Begitu air mendidih, memang kerang memang cepat terbuka, kadar daging menciut dan mengecil dan sesuatu yang direbus atau dimasak apapun maka akan mengecil, kehilangan semua inti sarinya, sama saja makan airnya, tidak ada kalorinya," bebernya.

Selain menghilangkan nutrisi dan gizi dari kerang, maka daging ekrang akan menciut atau mengecil sehingga Anda tidak mendapatkan inti sarinya, tidak ada kadar kalori yang didapatkan.

"Direbus itu proses salah karena menghilangkan protein, vitamin, nutrisinya sehingga apa yang Anda makan tidak mendapat apapun," lanjutnya.

Lalu bagaimana proses yang benar dalam mengolah kerang?

"Anda cukup mengambil wadah atau teflon maupun wajan, kemudian siapin bumbu bawang merah, putih, jeruk lemon, cabai, jahe dan daun ketumbar dan minyak sedikit, panaskan Teflon, panaskan minyak, sauté bumbu sampai harum, lalu masukin lemon, kerang kemudian tutup kecilkan api. dan aromatiknya terasa dan kerang juga terbuka," tukasnya. (uky)
  (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
1 komentardisclaimer
  • Lobstar • satu minggu lalu
    Lobstar Surabaya menyediakan komoditi Gurita dan Lobster air tawar untuk kebutuhan restauran seafood, rumah makan ikan bakar, maupun untuk konsumsi pribadi. HP: 085707105679, 087851343104, 031-72969303 Lokasi: Surabaya www.lobstar.net
    Beri Tanggapan

berita lainnya

Baca Juga

Bunga-bunga yang Ada di Dalam Flower Tea