Operasi Usus Buntu, Wanita Peluang Hamil

|

Restika Ayu Prasasty - Okezone

Wanita hamil (Foto: Corbis)

Operasi Usus Buntu, Wanita Peluang Hamil
GANGGUAN usus buntu kerap menyerang siapa pun, tak terkecuali wanita. Jadi, jangan berkecil hati lebih dulu karena operasi tersebut tetap membuka peluang besar bagi wanita untuk hamil.

Menurut para ahli, wanita yang usus buntunya dioperasi memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility mematahkan gagasan bahwa wanita yang pernah operasi usus buntu, menurun kesempatannya untuk hamil.

Para peneliti di Dundee University memelajari salah satu database dari catatan medis UK General Practice Research Database. Mereka menemukan bahwa lebih dari 76.000 wanita yang telah menjalani operasi usus buntu, 39 persen di antaranya bisa hamil untuk pertama kali dalam rentang 10 tahun. Sedangkan tingkat kehamilan pada wanita yang tak pernah operasi usus buntu hanya 28 persen persen (jumlah wanita yang tak pernah operasi dua kali lebih banyak dibanding wanita yang pernah operasi). Angka ini didapat dengan memerhitungkan faktor usia, penggunaan alat kontrasepsi, penyakit, tingkat kesuburan, dan berbagai faktor lainnya.

Salah seorang peneliti dan ahli bedah, Sami Shimi mengatakan, “Namun bukan berarti wanita harus melakukan apendisektomi (operasi usus buntu) untuk meningkatkan kesempatan mereka hamil. Penelitian dan hasilnya dilakukan untuk menunjukkan bahwa wanita yang pernah operasi usus buntu tidak perlu khawatir tentang masalah kesuburan. Kekhawatiran tentang masalah infertilitas setelah apendisektomi ialah tak berdasar.”

Shimi mengatakan bahwa dia melakukan studi setelah banyak wanita menyatakan kekhawatiran mereka tentang apakah bisa memiliki anak setelah operasi usus buntu.

Sebelumnya, ada laporan yang mengatakan bahwa operasi usus buntu kemungkinan dapat mengurangi kesuburan seorang wanita. Hal ini dikarenakan operasi tersebut meninggalkan jaringan parut yang menempel ke saluran telur sehingga menghalangi telur bergerak ke rahim, seperti dilansir Dailymail. (ind) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pesan WHO untuk Calon Menteri Kesehatan