Apa Itu Wasabi?

Senin, 9 Juli 2012 - 19:05 wib | Johan Sompotan - Okezone

Wasabi (Foto:Corbis)

Apa Itu Wasabi?
JIKA pergi ke restoran sushi, Anda pasti akan melihat gumpalan berwarna hijau yang berasa pedas. Gumpalan hijau itu dinamakan wasabi.
 
Wasabi adalah bahan makanan pokok yang digunakan dalam menu sushi, biasanya dipasangkan dengan acar jahe Jepang yang disebut gari. Wasabi dalam bentuk murni adalah akar, bahkan merupakan bagian dari keluarga sayuran, seperti lobak dan sawi. Wasabi dikenal memiliki aroma pedas, tetapi bukan seperti cabai merah yang tingkat kepedasannya keluar berkat capsaisin di dalamnya. Di sini, wasabi hanya melepaskan serangkaian uap panas dan pedas ketika diparut.
 
Karena memiliki aroma yang kuat, para ilmuwan di Jepang pun bekerja mengolah wasabi untuk diberikan kepada kaum tunarugu demi mengenal aroma pedas. Demikian seperti dilansir The Daily Meal.
 
Pemakaian wasabi diolah dengan cara diparut, biasanya ditemukan pada resto sushi tradisional. Mereka yang menyukai wasabi akan mencampurnya saat bersantap sushi untuk dicelupkan ke dalam saus khusus (soyu). Cara seperti ini biasanya dikenal sebagai wasabi-joyu.
 
Wasabi tidak terbatas hanya untuk bersantap sushi, tetapi bisa dikombinasikan dalam rendaman ikan atau diberi ke aioli sehingga saus menjadi pedas. Anda bisa mengonsumsi kacang goreng garing ini bersama wasabi dan gula.
 
Di negara Barat, wasabi tidak terlalu menjadi andalan dalam menyantap sushi. Karenanya, wasabi tidak disajikan secara autentik, meski memiliki reputasi pedas. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alasan Korea Utara Terima Pangan Terbesar di Dunia