Kapan Arang Siap untuk Memanggang Daging?

|

Johan Sompotan - Okezone

(Foto: Getty Images)

Kapan Arang Siap untuk Memanggang Daging?
MEMANGGANG merupakan teknik memasak favorit karena mampu menghasilkan makanan beraroma alami. Sebelum memanggang demi merayakan momen kebersamaan dengan keluarga, banyak hal harus diperhatikan.
 
Sekilas, memanggang tampak mudah dilakukan, tapi setelah dilakoni, hasilnya ternyata tidak sesukses harapan. Bisa saja bahan makanan sudah matang di bagian luar, tetapi bagian dalamnya masih mentah, atau berbagai kegagalan lainnya.
 
Aktivitas memanggang membutuhkan konsistensi untuk mendapatkan hasil terbaik karena waktu menjadi kunci kematangan. Perhatikan pula suhu api selama memanggang.
 
Mari simak beberapa trik mudah memanggang bagi pemula, seperti dilansir The Daily Meal :
 
Bilamana api sudah siap

 
Sebelum daging atau bahan makanan dipanggang, api tentulah sangat dibutuhkan. Suhu api siap digunakan bila awalnya telah dibakar selama sekira 15 hingga 40 menit, tergantung bahan pembakaran yang dipakai.
 
Untuk mengetahuinya, cara paling sederhana adalah dengan memegangnya. Jika Anda dapat masih bisa bertahan memegang alat panggang selama dua detik, maka suhu api telah berada pada suhu panas tinggi, empat detik suhu api sedang saja, sedangkan enam detik maka suhu api biasa saja.
 
Pindahkan bara untuk menyesuaikan suhunya. Kemudian, taruh arang yang belum dipakai untuk tumpuk bersama membuat api.
 
Alat-alat penting
 
Siapkan beberapa peralatan penting, seperti alat penjepit, kuas, kertas alumunium, serta alat pemanggang yang terbuat dari kawat. Siapkan pula termometer untuk mengetahui tingkat kematangan daging panggang.
 
Jenis arang
 
Ada dua pilihan arang, yakni arang kayu dan briket. Arang kayu akan memanggang lebih cepat karena lebih mudah panas, tapi lebih banyak menghasilkan abu.
 
Sementara, briket bisa didapatkan dengan harga lebih murah, tetapi proses pembakarannya lebih lama. Bahan ini mengandung serbuk gergaji sehingga memengaruhi cita rasa daging.
 
Jika ingin mendapatkan rasa alami pada olahan panggang, Anda bisa memakai arang kayu. Tetapi jika ingin menghemat uang, Anda bisa memakai briket.
 
Membuat api
 
Untuk mendapatkan api panggang, Anda tak perlu memberikan cairan karena bisa berbahaya bagi lingkungan dan dapat memberikan rasa yang tidak enak pada daging.
 
Buat api dengan cara sederhana, yakni berikan beberapa lembar koran di bagian bawah, isi dengan arang, kemudian nyalakan koran dengan korek api. Metode ini tergolong paling aman dan ekonomis untuk mendapatkan api pembakaran.
 
Memilih daging
 
Ketika ingin memanggang daging, hindari potongan yang tebal agar tidak lama memanggangnya. Cari daging dengan ketebalan yang sama, sekira satu hingga dua inci saja. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Terbaik Angkat Kuliner Indonesia