Ingin Anak Kembar? Coba Makanan Ini

Rabu, 11 Juli 2012 - 12:09 wib | Gustia Martha Putri - Okezone

Bayi kembar (Foto: Boldsky)

Ingin Anak Kembar? Coba Makanan Ini
MEMILIKI kehamilan kembar tidak selalu karena faktor genetik atau keberuntungan semata. Ada makanan kesuburan tertentu yang membantu Anda untuk mendapatkan kehamilan kembar.

Kehamilan kembar terdapat dua atau lebih janin dalam rahim seorang ibu hamil. Kehamilan kembar ini bisa terjadi karena terjadi pembuahan dua atau lebih sel telur. Atau bisa juga terjadi karena satu sel telur yang dibuahi membelah diri secara dini hingga terbentuk dua embrio (calon bayi) yang sama pada tahap awal kehamilan.

Kehamilan kembar terjadi beberapa faktor, tidak hanya faktor keturunan saja, faktor nutrisi pun dapat berpengaruh. Oleh karenanya, bagi Anda yang menginginkan kehamilan kembar, salah satu usaha yang bisa Anda tempuh dengan mengasup nutrisi-nutrisi tertentu dalam diet Anda.

Telah terbukti bahwa diet yang sehat membantu meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Namun, tidak ada makanan kesuburan apa pun yang menjamin Anda mendapatkan kelahiran kembar. Tapi, ada beberapa makanan yang meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar.

Berikut asupan-asupan yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan kehamilan kembar, sebagaimana dilansir Boldsky.

Ubi

Orang-orang di suku Yaruba di Nigeria telah dilaporkan memiliki tingkat tinggi kelahiran kembar. Sebuah studi pada mereka terkait fakta tingginya konsumsi ubi dalam diet mereka.

Ubi yang berasal dari keluarga umbi-umbian merupakan sumber yang kaya phytoestrogen dan progesteron. Kehadiran senyawa tersebut dalam ubi bantu membantu terjadinya hiper-ovulasi. Orang-orang dengan konsumsi ubi liar telah dilaporkan memiliki tingkat tinggi kelahiran kembar.

Produk susu

Produk-produk olahan susu seperti susu bubuk dan susu cair, mentega, butter, dan keju dapat meningkatkan kesempatan Anda memiliki anak kembar. Hal ini disebabkan karena semua produk susu merupakan sumber yang kaya kalsium.

Kalsium tidak hanya bertanggung jawab untuk kesehatan tulang, tapi juga untuk sistem reproduksi yang sehat. Menurut Dr Gary Steinman, seorang dokter di Long Island Yahudi Medical Center, wanita yang memiliki konsumsi tinggi produk susu memiliki lima kali lebih banyak kesempatan untuk memiliki anak kembar dibanding wanita yang tidak.

Makanan kesuburan ini tidak hanya meningkatkan peluang memiliki anak kembar, tetapi juga sangat baik untuk perkembangan tulang yang sehat pada anak. Tapi jangan terus-menerus mengonsumsi produk-produk olahan susu dalam diet kesuburan Anda. Karena Anda hanya akan mendapatkan beberapa kilogram tambahan berat badan jika tak diiringi dengan olahraga.

Asam folat (folic acid)

Penelitian telah mengaitkan konsumsi asam folat dengan kelahiran kembar. Makanan seperti kacang-kacangan, bayam, dan bit menjadi makanan kesuburan yang baik karena mereka sumber yang kaya asam folat.

Milikilah pola makan yang kaya akan makanan-makanan tersebut. Sebuah studi yang dilakukan oleh tim Australia menemukan bahwa kemungkinan memiliki anak kembar meningkat sebesar 40 persen pada wanita yang memiliki asam folat dalam menu hariannya ketika mencoba untuk hamil.

Karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran merupakan makanan yang sangat baik jika Anda ingin hamil kembar. Mereka meningkatkan ovulasi dan tanpa meningkatkan kadar insulin. Selain membantu Anda untuk memiliki anak kembar, konsumsi makanan ini juga mencegah segala jenis cacat tabung saraf. (ina)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ponsel Penyebab Utama Timbul Jerawat