Bukit Cokelat, Fenomena Unik & Aneh di Filipina

|

Mutya Hanifah - Okezone

The Chocolate Hills, Filipina (foto: besttouristplace.com)

Bukit Cokelat, Fenomena Unik & Aneh di Filipina
The Chocolate Hills, Filipina

The Chocolate Hills atau Bukit Cokelat adalah sebuah formasi geologi yang tidak biasa di Provinsi Bohol, Filipina, yang terbentuk dari 1.260 bukit dan tersebar di area seluas lebih dari 50 kilometer persegi. Bukit-bukit ini merupakan bukit kapur yang tertutup rumput hijau yang berubah menjadi cokelat pada musim kemarau, karena itulah disebut Bukit Cokelat.

Bukit Cokelat yang berjumlah ribuan ini menyebar di Kota Carmen, Batuan, dan Sagbayan. Setiap kota memiliki sebuah area untuk melihat pemandangan Bukit Cokelat ini, namun yang paling ramai dikunjungi wisatawan adalah di Kota Carmen.

Secara geologis, Bukit Cokelat terbentuk pada jutaan tahun lalu, yang dulunya merupakan gundukan kapur. Gundukan kapur ini kemudian melebur dengan adanya hujan, air permukaan, dan erosi dari sungai yang bergabung dengan proses tektonik hingga menjadi perbukitan. Bukit-bukit ini kemudian terpisahkan dengan adanya dataran-dataran datar yang mengandung banyak goa dan mata air.

Bukit Cokelat telah menempatkan Bohol dalam peta pariwisata Filipina jauh sebelum negara ini mempromosikan pantai-pantai indahnya. Bukit Cokelat merupakan ikon Filipina sejak dahulu, dan merupakan destinasi wisata yang membuat Bohol terkenal.  Dari 1.247 bukit-bukit tersebut, dua diantaranya telah dibangun resor untuk wisatawan. Sebelumnya resor hanya dapat ditemukan di Kota Carmen. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pulau Kemaro Siap Bius Turis ke Palembang