7 Sayuran Paling Sehat untuk Dikonsumsi (II-Habis)

|

Gustia Martha Putri - Okezone

Sayuran sehat (Foto: Boldsky)

7 Sayuran Paling Sehat untuk Dikonsumsi (II-Habis)
SEMUA sayuran merupakan makanan yang sehat dengan masing-masing kandungan nilai gizi dan manfaat yang dikandungnya. Jadi, untuk memilih sayuran yang bisa disebut sebagai paling sehat dari sekian banyak jenis sayuran bukanlah tugas yang mudah.  
Namun berdasarkan nilai gizi, tujuh sayuran berikut ini dapat disebut super karena memberikan sebagian besar kebutuhan nutrisi yang diperlukan manusia, seperti dilansir Boldsky.
 
Terong
 
Jangan anggap remeh terong. Sayuran ini memiliki beberapa sifat unik yang belum tentu dimiliki sayuran jenis lainnya. Terong mendapatkan warna ungu dari pigmen bernama nasunin.
 
Elemen ini merupakan antioksidan yang menghentikan kerusakan sel otak. Sementara risiko penyakit Alzheimer dan gangguan mental lainnya, seperti meningkatnya demensia meningkat, sayuran ini harus dikonsumsi.
 
Wortel
 
Wortel memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan mata, kulit, dan rambut. Selain itu, wortel juga merupakan sumber nabati terkaya dari beberapa antioksidan penting, seperti vitamin A dan vitamin C. Karenanya, wortel dapat melindungi sistem kardiovaskular dari kerusakan.
 
Tomat
 
Tomat merupakan buah yang disajikan dalam beberapa bentuk hidangan sayuran. Bagaimanapun penyajiannya, tomat merupakan buah yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan likopen di dalamnya juga membuatnya berwarna merah, terkenal memiliki kemampuan untuk melawan kanker.
 
Tomat tidak hanya baik karena kandungan vitaminnya dari vitamin A hingga vitamin K, tomat juga mampu mengontrol stabilitas tekanan darah, serta membantu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh.
 
Bayam
 
Klorofil yang terdapat pada bayam merupakan sumber dari hampir setiap vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Rutin mengonsumsi bayak sekira satu hingga dua gram setiap hari dapat mencegah dari sakit jantung, kanker usus besar, arthritis, dan osteoporosis.
 
Bayam mengandung 13 senyawa flavonoid untuk melawan kanker. Selain itu, kandungan kalsium membuatnya menjadi makanan harus dikonsumsi oleh perempuan untuk menghindari osteoporosis. (ina) (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Perubahan Bentuk Payudara Terjadi Tiap 10 Tahun