Jalan Sabang, Surga Kuliner Berbuka Puasa

|

Duwi Setiya Ariyanti - Okezone

Salah satu warung di Jalan Sabang yang menyediakan menu berbuka (Foto: Duwi/Okezone)

Jalan Sabang, Surga Kuliner Berbuka Puasa
BAGI Anda yang masih bingung mencari menu untuk berbuka puasa, Jalan Sabang dapat menjadi salah satu tujuan. Surga jajanan berbuka puasa ini terletak di antara barisan ruko di Jakarta Pusat.

Jalan Sabang atau Laan Holle pada zaman dahulu, kini bernama Jalan KH. Agus Salim. Jalan ini malah lebih dikenal dengan Jalan Sabang karena terkenalnya makanan lezat yang tersedia. Selain dekat dengan kompleks perkantoran, jalan ini juga dekat dengan wisma tempat singgah para turis asing.

Kawasan ini sangat tepat bagi Anda yang suka berjalan sambil memilih tempat makanan dengan rasa khas dan harga terjangkau. Meski kemacetan kerap melanda kawasan ini pada waktu tertentu, para pencinta kuliner tak surut niatnya untuk menikmati jajanan.

Selain restoran dan kafe, kawasan ini juga dipenuhi dengan warung dan kedai. Sekitar ratusan gerobak, mobil, hingga tenda dadakan menjajakan aneka makanan yang mengundang selera. Tinggal pilih saja, mulai dari sate, soto kuning, es buah hingga kolak, dan gorengan yang menjadi menu andalan berbuka puasa.

Salah satunya adalah Kedai Mpok Mumun, yang telah menyajikan aneka kolak dan gorengan saat bulan puasa tiba sejak 1990. Di hari selain bulan puasa, dia biasa menjual nasi uduk dan gorengan di lokasi yang sama.

“Tempatnya dekat sama kantor, jadinya bisa jadi tempat makan buat karyawan,” kata Mpok Mumun ketika ditemui Okezone.

Benar saja, pukul 16.00 WIB menjadi waktu sibuk bagi para penjual untuk melayani para pembeli yang memenuhi jalanan. Pemandangan ini terlihat hampir di berbagai penjaja makanan. Umumnya, pembeli merupakan karyawan yang bekerja tidak jauh dari kawasan ini, seperti dari Sarinah ataupun kawasan Kebon Sirih.

Hal itulah yang membuat pedagang lain menjajakan dagangannya di sisi kanan dan kiri  kawasan ini. Selain lokasinya yang strategis, aneka panganan di Jalan Sabang juga sangat lekat di lidah para pengunjungnya. Sehingga kelezatannya, mereka datang kembali untuk mencicipi ragam pilihan menu sesuai selera.

"Enak beli makanan di sini, dekat sama tempat kerja saya," tutur Grace (25), salah seorang pembeli takjil di Jalan Sabang.

Soal harga, tak perlu khawatir. Makanan di sini rata-rata dapat dinikmati dengan uang Rp10.000. Pastinya, Anda akan tetap mendapat makanan enak dengan harga yang relatif terjangkau. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Soto Lamongan Ikon Hotel Dharmawangsa