Ini Dia Efek Samping Operasi Amandel

|

Niken Anggun Nurani - Okezone

Cek amandel (Foto: Corbis)

Ini Dia Efek Samping Operasi Amandel
ANDA mengalami amandel? Cemas akan efek samping setelah proses pengangkatan amandel?  Saatnya Anda cari tahu efek samping dari operasi amandel tersebut.
 
Amandel adalah dua potongan jaringan yang terletak di kedua sisi bagian belakang mulut yang membantu mempertahankan tubuh Anda terhadap infeksi. Jika sering infeksi amandel, kondisi ini disebut radang amandel -dokter mungkin merekomendasikan Anda untuk melakukan tonsilektomi.
 
Tonsilektomi merupakan prosedur pembedahan di mana amandel Anda diangkat. Sebelum memiliki amandel, pastikan untuk membahas potensi efek samping pengangkatan amandel dengan dokter Anda. Demikian yang dilansir Livestrong, Kamis (2/8/2012).
 
Agar Anda tidak merasa cemas, Berikut ini hal yang biasa terjadi setelah Anda melakukan tonsilektomi.
 
Sakit
 
Setelah amandel diangkat, Anda akan mengalami rasa sakit, terutama di bagian belakang mulut atau tenggorokan. Ini mungkin tidak nyaman atau sulit bagi Anda untuk konsumsi makanan tertentu setelah tonsilektomi. Untuk mengurangi rasa sakit yang Anda alami saat makan, situs Patient UK menyarankan Anda menghindari konsumsi makanan pedas, alkohol atau makanan panas, seperti sup. Nyeri bisa ringan sampai berat dan akan semakin mereda karena tubuh Anda akan menyembuhkan.
 
Perdarahan

Perdarahan kecil setelah tonsilektomi adalah normal dan dapat menyebabkan gejala tambahan, seperti mual sementara. Jika Anda mengalami perdarahan yang berlebihan atau mulai muntah darah setelah amandel Anda diangkat, cari perawatan medis darurat segera. Situs The Better Health Channel memperingatkan bahwa gejala-gejala mungkin tidak berkembang sampai sepekan setelah operasi.
 
Infeksi


Infeksi dapat berkembang di lokasi sayatan bedah Anda. Jika itu terjadi, Anda bisa mengalami demam, kelelahan, nyeri tubuh, atau sakit kepala. Infeksi juga dapat menyebabkan bau busuk. Jika Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi setelah operasi amandel, cari perawatan medis darurat.
 
Rasa tidak nyaman

Proses pengeringan luka membentuk pada sayatan bedah saat Anda mulai penyembuhan. Ini  dapat menyebabkan rasa tidak enak di mulut Anda. Gejala ini akan mereda setelah tubuh Anda telah sembuh.
 
Sakit telinga


Penghilangan amandel dapat menyebabkan Anda merasakan sakit telinga setelah operasi. Nyeri sakit telinga biasanya ringan atau sedang dan dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mendengar secara normal.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Awas, Napas Bau Pertanda Miliki Penyakit Kronis