Makanan dengan Vitamin yang Tertinggi & Terendah

Sabtu, 1 September 2012 - 18:37 wib | Niken Anggun Nurani - Okezone

Jeruk kaya vitamin C dan A (Foto: Corbis)

Makanan dengan Vitamin yang Tertinggi & Terendah
SERIBU miligram vitamin C setiap hari mungkin terdengar umum. Asupan vitamin yang tepat dapat membuat tubuh bugar. Tapi, apa jadinya jika tubuh Anda kekurangan atau kelebihan vitamin?
 
Seorang dokter mungkin meminta Anda untuk meningkatkan atau menurunkan asupan vitamin A dan C karena berbagai alasan. Riset tetap dilakukan, apakah jumlah kelebihan vitamin C dapat merusak kesehatan Anda. 
 
Overload vitamin A bisa buruk untuk Anda. Di sisi lain, penting untuk memiliki jumlah yang cukup dari kedua vitamin dalam diet harian Anda, demikian yang dilansir Ehow. Berikut ini bahan makanan yang mengandung banyak dan sedikit vitamin C dan A.
 
Jeruk


Jeruk menyediakan Anda dengan jumlah tinggi vitamin A dan C. Jeruk menjadi sumber yang sangat baik dari kedua vitamin A dan C. Sejumlah besar vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga membantu Anda memerangi infeksi.
 
Dengan menggabungkan keduanya, ini seperti pembangkit tenaga listrik akan melawan apa pun yang mencoba untuk menyerang tubuh Anda. Bahkan telah dilakukan studi yang membuktikan bahwa minyak yang diekstrak dari kulit jeruk membantu mencegah beberapa jenis kanker. Dengan manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, jeruk menawarkan camilan sehat yang ideal.
 
Wortel


Wortel merupakan sayuran dengan tingkat tinggi vitamin A dan C. Wortel mengandung jumlah besar karoten, dan tubuh Anda akan mengkonversinya menjadi vitamin A. Wortel punya vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh Anda. Sementara wortel mengandung jumlah vitamin C yang lebih rendah dari jeruk, mereka masih memiliki cukup vitamin untuk jumlah harian dalam porsi normal.
 
Sayuran hijau


Sayuran hijau memberikan limpahan nutrisi untuk kebutuhan harian Anda. Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, atau brokoli juga mengandung vitamin A dan C, meskipun tidak dalam jumlah yang tinggi seperti jeruk. Sayuran yang paling hijau juga menyediakan Anda jumlah nutrisi besi yang baik dan merupakan bagian penting dari diet Anda. Menjaga aliran vitamin A dan C dalam diet Anda secara mudah dengan sehat makan seperti sayuran hijau.
 
Kentang


Kentang menyediakan beberapa tingkat vitamin A dan C bagi tubuh Anda. Jika Anda mencoba untuk mengurangi jumlah vitamin A dan C dalam tubuh, Anda harus tahu bahwa kentang mengandung Vitamin A sangat sedikit dan kurang vitamin C dari makanan lain. Sebagian besar vitamin C dalam kentang terletak di dalam kulit, sehingga menghilangkan kulit kentang dan hanya makan daging dari kentang akan terasa kurang memenuhi nutrisi Anda.
 
Kacang-kacangan


Kacang menyediakan Anda dengan vitamin A, tetapi tidak vitamin C. Kacang menyediakan beberapa vitamin A, tetapi memiliki sedikit atau bahkan tidak ada vitamin C. Kacang menjadi sumber gizi, memberikan Anda dengan banyak kalori, dan mereka dikemas dengan vitamin A. Berbagai jenis kacang-kacangan akan menawarkan berbagai tingkat vitamin. (ina)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Waspada, Dehidrasi Bikin Sering Sembelit