Berapa Lama Daging Tahan Disimpan di Kulkas & Freezer?

Jum'at, 24 Agustus 2012 - 17:33 wib | Johan Sompotan - Okezone

(Foto:Corbis)

Berapa Lama Daging Tahan Disimpan di Kulkas & Freezer?
MENYIMPAN makanan di lemari pendingin menjadi jalan untuk menjaga daya tahannya hingga layak dikonsumsi. Berapa lama masing-masing makanan mampu bertahan di dalamnya?

Memang, lemari es memungkinkan makanan bisa disimpan lama di dalamnya. Namun, rasanya tentu akan berubah bila Anda tidak memperhatikan jangka penyimpanannya. Karena itu, pahami batas waktu menyimpan berbagai jenis makanan, seperti dilansir Real Simple berikut ini:

1. Daging mentah untuk panggang atau steak bila disimpan dalam lemari es antara tiga sampai lima hari. Sementara bila disimpan dalam freezer, ketahanannya bisa mencapai enam bulan hingga setahun.

2. Daging babi mentah untuk panggang atau dalam bentuk potongan bisa bertahan tiga hingga lima hari bila disimpan di kulkas sedangkan di freezer bisa mencapai empat hingga enam bulan.

3. Daging kambing maupun daging domba untuk panggang, daya tahannya tiga sampai lima hari di kulkas, dan bisa mencapai enam hingga sembilan bulan di dalam freezer.

4. Daging sapi mentah bertahan tiga hingga lima hari di kulkas sedangkan di dalam freezer bisa bertahan empat sampai enam bulan.

5. Daging yang telah dimasak hanya bertahan tiga sampai empat hari dalam kulkas. Sementara bila disimpan dalam freezer, ketahanannya bisa sampai dua hingga tiga bulan.

6. Makanan berkuah, seperti sup, bisa bertahan tiga sampai empat hari di kulkas sedangkan di dalam freezer bisa bertahan dua hingga tiga bulan.

7. Daging ayam potongan hanya bertahan satu sampai dua hari sedangkan dalam freezer bisa mencapai sembilan bulan. Sementara, daging ayam potongan yang telah dimasak bisa bertahan tiga hingga empat hari di kulkas, dan empat bulan di freezer.

  (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Santap Makanan, Armand Maulana Anti Pakai Garam