Tiga Bahan Alami Pembersih Dapur

|

Johan Sompotan - Okezone

Jeruk lemon (Foto:Corbis)

Tiga Bahan Alami Pembersih Dapur
MEMBERSIHKAN dapur dengan sabun terkadang sangat susah sebab kotoran tidak sepenuhnya terangkat. Agar bakteri dan kuman tidak bebas berkembang biak, ada tiga alternatif alami yang bisa Anda manfaatkan.

Untuk membersihkan dapur, bahan yang dipakai sudah pasti harus steril karena akan berpengaruh pada kesehatan anggota keluarga. Oleh karenanya, bahan alami bisa menjadi pilihan terbaik untuk membersihkan dapur. Selain aman untuk kesehatan, bahan alami juga murah sehingga bisa menghemat anggaran bulanan. Satu alat yang harus Anda siapkan cukup botol semprot kosong.

Berikut tiga bahan alami yang akan membuat dapur kinclong, seperti diulas Sheknows:

Cuka putih
Bahan alami yang satu ini adalah asam ringan yang melarutkan kotoran. Cuka putih murni dapat digunakan untuk membersihkan kepala keran. Cuka putih juga bisa membersihkan permukaan yang halus yang ada di dapur, seperti kompor dan microwave. Untuk microwave, cukup semprotkan cuka ke dalamnya lalu gosok dengan lap bersih dan lembut.

Untuk membersihkan lantai kamar mandi juga bisa. Cara pemakaiannya, tuangkan air dan cuka ke dalam botol semprot, tutup lalu kocok. Cairan ini juga bisa dipakai untuk membersihkan di cermin, krom, atau ubin keramik, cukup gabungkan dua cangkir cuka putih dengan dua cangkir air.

Air jeruk
Selain cuka putih, Anda bisa memanfaatkan air jeruk atau jus lemon untuk membersihkan permukaan keras, seperti lantai atau furniture kayu. Berikan setengah cangkir minyak zaitun serta seperempat cangkir air jeruk, gabungkan keduanya kemudian kocok. Semprotkan ke bagian yang ingin dibersihkan.

Cara lain, tuang setengah cangkir lemon lalu bilas sampai bersih. Biarkan mengering di bawah sinar matahari. Pastikan memeriksa dinding atau kayu sebelum menggunakannya di seluruh bagian, juga pastikan untuk tidak menanggalkan noda di dalamnya.

Jika Anda usai memasak, gosokkan jeruk lemon yang telah diiris pada tangan untuk menghilangkan bau, apalagi usai memotong bawang merah ataupun bawang putih.

Baking soda
Bahan alami satu ini sangat ringan dan memiliki aroma. Cara menggunakannya, taburi sedikit baking soda ke spons basah lalu pakai untuk menghilangkan kotoran di bak mandi atau pada makanan yang ada di wastafel. Lakukan penggosokan selama 10 hingga 20 menit, lalu gosok dan bilas. Atau cara lain, tarauh baking soda di ujung potongan lemon sebagai scrub untuk membersihkan dapur atau ubin kamar mandi.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kentang Goreng Fastfood, Karina Salim Suka