Mengagumi Pesona Latvia, Negara Terindah di Dunia

Minggu, 9 September 2012 - 19:09 wib | Adhia Azkapradhani - Okezone

Turaida Museum (Foto:: planet adventure/flickr)

Mengagumi Pesona Latvia, Negara Terindah di Dunia
BELUM lama, Latvia terpilih sebagai negara terindah di dunia berdasarkan jajak pendapat di dunia maya. Bagaimana pesona keindahannya?

Latvia adalah sebuah negara yang terletak di Eropa bagian utara. Latvia memiliki pasir putih yang terhampar di sepanjang pantainya serta pasir pantai berwarna kuning yang berada di sepanjang Pantai Tuja. Selain keindahan pantainya, Latvia pun memiliki ribuan anak sungai dan danau yang indah untuk dinikmati.

Terdapat pula beberapa tempat di negara ini yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Tempat tersebut, di antaranya Istana Rundale, yang terletak di tengah Plains Zemgale yang subur di selatan Latvia. Dengan arsitektur yang indah, istana ini menjadi salah satu monumen yang paling menonjol di Latvia. Dibangun sekira 1740, awalnya istana ini ditujukan untuk tempat tinggal raja dan ratu selama musim panas. Sebagian besar dekorasinya merupakan hasil karya cipta seniman Italia dan Jerman.

Saat ini, istana digunakan sebagai tempat penelitian sejarah Latvia melalui koleksi lukisan yang ada. Rundale semakin terlihat indah dengan taman bergaya Prancis yang dipenuhi kebun mawar, air mancur, serta tanaman-tanaman hijau di depannya. Taman yang indah ini dapat dinikmati oleh khalayak umum. Bahkan di musim panas, taman ini digunakan sebagai tempat festival.

Selain Istana Rundale, ada pula bangunan indah yang menjulang tinggi bernama Aglona Basilica. Bangunan yang dibangun dengan gaya Baroque ini dihiasi dua menara setinggi 60 meter di kedua sisinya. Situs ini merupakan salah satu situs suci paling terkenal di dunia. Sentuhan warna putih di semua bagian bangunan membuatnya semakin memukau.

Kuldiga merupakan sebuah kota kecil nan menarik di Kurzeme. Pusat kota yang mulai dikembangkan pada abad ke-17 ini semakin indah dengan bangunan-bangunan tua berbahan dasar kayu yang berderet di jalanan Kuldiga. Saat ini, kota tua Kuldiga dan jembatan bata merahnya yang terdapat di seberang sungai Venta termasuk kandidat warisan budaya dunia UNESCO. Kota inipun terkenal dengan air terjun terluas di Eropa, dan disebut sebagai Venesia Latvia karena Sungai Aleksupite yang mengalir melewati bangunan-bangunan di kota ini.

Turaida Museum adalah salah satu warisan sejarah yang ada di Latvia. Kawasan dengan luas 42 hektare ini meliputi arkeologi, arsitektur yang indah, monumen bersejarah, dan segala yang menerangkan sejarah peristiwa dari abad ke-11. Terletak 50 km dari Riga, Ibu Kota Latvia, bangunan ini terkenal dengan lingkungannya yang indah. Turaida dalam bahasa kuno penduduk setempat berart "taman Tuhan". Bila dilihat dari udara pada musim gugur, benteng Turaida seperti kapal megah yang dibangun dari bata merah. Gereja Turaida merupakan salah satu gereja tertua di negeri ini, disinyalir gereja ini telah dibangun sejak 1750. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Olga Lydia Ikutan Pawai Sambut Presiden Baru