Pentingnya Menjaga Organ Intim Wanita

Kamis, 20 September 2012 - 20:15 wib | Niken Anggun Nurani - Okezone

dr. Inneke Sirowanto,SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan (Foto: Niken/Okezone)

Pentingnya Menjaga Organ Intim Wanita
MENJAGA kesehatan organ reproduksi, khususnya wanita, memang tidak mudah. Malah terkadang kita merasa sudah menjaga kebersihan organ intim dengan sebaik-baiknya, tetap saja timbul masalah.
 
Beberapa wanita mungkin acuh tak acuh dalam menjaga kesehatan organ intimnya. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik bisa muncul berbagai penyakit organ reproduksi yang berbahaya. Seperti yang dijelaskan dr. Inneke Sirowanto, SpOG, spesialis kebidanan & kandungan saat ditemui Okezone dalam wawancara eksklusif di RS Awal Bros, Tangerang, Rabu, 19 September 2012.
 
“Banyak masalah yang dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi wanita, misalnya infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus, atau bakteri, yang dapat menyebabkan radang panggul atau ada kelainan pada struktur organ reproduksi wanita,” jelasnya.
 
Salah satu penyakit yang cukup mendapat perhatian ialah radang panggul. Gejalanya bisa berupa keputihan, sering nyeri perut yang hilang timbul bukan saat menstruasi, dan cukup berbahaya jika dibiarkan.
 
 
“Kista, mium, adalah penyakit yang bisa saja timbul karena adanya infeksi. Oleh karena itu, pencegahan dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, seperti USG, atau HSG, akan sangat baik dilakukan. Selain itu, menjaga kebersihan organ reproduksi juga sangat penting,” tutup dr. Inneke.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Makan Bersama Bikin Cepat Gemuk!