Ini Dia Bahan Alami Pengempuk Daging Kambing

|

Lydia Rosalia - Okezone

(Foto: wisatakuliner)

Ini Dia Bahan Alami Pengempuk Daging Kambing
HALLO, apa kabar, Chef? Saya Ismi (35 tahun). Sebentar lagi umat Muslim merayakan Idul Adha, tapi saya belum mahir mengolah daging kambing. Tahun lalu, saya sedikit merusak kenikmatan makan bersama saat Hari Kurban karena sate kambing yang saya masak alot sekali.

Bagaimana ya, Chef, solusi tepat agar sajian kambing yang saya buat nanti bisa empuk? Terima kasih sebelumnya.

Ismi-Karawang

Jawab:

Gunakan daun pepaya dan nanas sebagai bahan untuk mengempukkan daging kambing. Umumnya, bahan pengempuk digunakan untuk daging yang akan diproses langsung, misalnya ditumis untuk menu tongseng kambing ataupun sate.

Pertama, dengan menggunakan daun pepaya segar. Tutup daging kambing dengan daun pepaya dan simpan selama semalam di dalam kulkas. Atau, Anda bisa meremas-remas dengan daun pepaya, jangan sampai terpotong kecil dan berbaur dengan daging. Bisa juga diiris kecil-kecil kemudian diperas dan diambil sarinya, kemudian gunakan untuk merendam daging.

Berikutnya buah nanas, jangan terlalu muda dan terlalu matang. Nanas dihaluskan dengan blender, atau potong-potong dan ambil sarinya. Kemudian, gunakan jus atau sari tersebut untuk merendam daging kambing. Enzim dari kedua buah tersebut akan melunakkan daging kambing secara alami.

Atau, cobalah alternatif lain yang biasa digunakan oleh orang Timur Tengah. Yoghurt plain dicampur ke daging kambing, kemudian dibiarkan semalam agar enzim pelunak yoghurt bekerja. Daging kambing pun lunak dan mudah dimasak.

Chef Deden Gumilar
Pakar Kuliner Tradisional
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengalaman Buruk Regina 'Idol' Santap Makanan