Yuk, Kenali Jenis-Jenis Teh Jepang

|

Johan Sompotan - Okezone

Teh matcha, salah satu jenis teh Jepang paling diminati (Foto:Facebook)

Yuk, Kenali Jenis-Jenis Teh Jepang
JEPANG memiliki beragam jenis teh yang baik untuk kesehatan. Apa saja?

Sejumlah varietas teh nikmat berasal dari Jepang, kesemuanya adalah dari tanaman teh yang sama, yakni Camilla Sinensis). Meski demikian, daun teh tersebut mendapatkan perlakukan yang berbeda.

Berikut beberapa jenis teh yang selalu dikonsumsi masyarakat Jepang, juga hampir seantero dunia, seperti dilansir Ehow:

Matcha dan Kokeicha
Kalau bicara teh matcha, sudah pasti banyak yang mengenalnya. Ini adalah teh hijau dalam bentuk bubuk yang biasa digunakan dalam ritual minum teh di Jepang. Upacara ini dilakukan untuk menunjukkan keramahan dan rasa hormat.

Cara meracik teh matcha, diseduh dengan air panas, kemudian diaduk sehingga menimbulkan busa, yang membuatnya sedap dinikmati. Sementara, teh kokeicha adalah bagian dari teh matcha bubuk yang sudah dibuat pasta kemudian dibentuk kembali seperti daun teh.

Sencha dan Bancha
Bancha menjadi versi teh yang lebih murah dan berkualitas rendah ketimbang sencha karena teh ini memiliki rasa pahit yang tajam meskipun sudah diberi pemanis sebelum dikonsumsi. Teh inipun merupakan label teh paling standar di Jepang.

Sementara itu, teh sencha memiliki kualitas tinggi, dengan rasa hampir mirip dengan bayam.

Gyokuro
Teh satu ini masuk dalam kategori teh hijau berkualitas tinggi. Biasanya pada proses produksi, teh ini ditutupi dengan sebilah bambu karena akan menghasilkan klorofil dari daun teh yang lebih banyak. Oleh karena itulah, teh ini memberikan rasa lebih kaya kjetimbang jenis teh lainnya.

Genmaicha
Teh ini merupakan teh hijau dengan biji beras yang sudah dipanggang. Pada awalnya, teh ini muncul karena adanya legenda hamba Genmai, yaitu seorang samurai terkenal asal Negeri Sakura ini.

Dirinya dengan sengaja menumpahkan beberapa kernel beras dalam teh tuannya. Meski melanggar, sang tuan ternyata sangat menikmati teh wangi tersebut. Nama yang diberikan untuk teh inipun bermaksud memberi hormat pada peraciknya.

Hojicha
Teh ini dibuat dari daun teh bancha yang dipanggang, dimana rasa inilah yang menimbulkan aroma halus dan punya rasa bersahaja.

Kukicha
Dibuat dari ranting teh semak, dipanggang selama empat kali, dimana bisa diubahnya menjadi warna cokelat gelap. Apalagi rasa pedas dari ranting teh ini melengkapi makanan pedas. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Prediksi Tren Menu Restoran 2015