Yuk, Lihat Lomba Tarik Tambang Raksasa!

|

Mutya Hanifah - Okezone

Festival Tarik Tambang Raksasa di Okinawa, Jepang (Foto: CNNGo)

Yuk, Lihat Lomba Tarik Tambang Raksasa!
LOMBA tarik tambang? Ah, sudah biasa. Namun, festival tarik tambang yang dilaksanakan di Okinawa, Jepang, ini luar biasa. Pasalnya, yang digunakan adalah tambang raksasa.

Beberapa waktu lalu, sekira 250 ribu warga Pulau Naha, Okinawa, berkumpul di jalan utama untuk melakukan kompetisi unik. Kompetisi ini adalah perlombaan tarik tambang menggunakan tambang raksasa.

Perlombaan ini merupakan bagian dari Festival Tarik Tambang Naha ke-24, festival tahunan sejak abad ke-15. Festival ini dilakukan sebagai rasa terima kasih atas hasil panen yang melimpah selama lebih dari 550 tahun.

Bagaimana peraturan tarik tambang raksasa ini? Penyelenggara membagi peserta menjadi dua tim, yaitu tim timur dan tim barat. Peserta kemudian saling memegang bagian tambang masing-masing. Tambang sebelah timur disebut Ozuna sedangkan tambang sebelah barat disebut tambang Mezuna. Di tengah-tengahnya terdapat sebuah simpul raksasa yang menyatukan keduanya.

Tali tambang raksasa ini memiliki panjang 200 meter dengan berat 43 ton. "Untuk membuat tali tambang ini saja dibutuhkan waktu setengah tahun," tutur Akimitsu Miyazato dari Biro Wisata Okinawa, seperti dikutip dari CNNGo, Rabu (10/10/2012).

Dengan tali seberat dan sepanjang itu, tidak mudah memenangkan perlombaan. "Biasanya, masing-masing sisi ditarik 15 ribu hingga 25 ribu peserta. Pertandingan berlangsung selama 30 menit. Bila satu sisi telah berhasil menarik tambang hingga lima meter, maka tim tersebut yang memenangkan pertandingan," imbuhnya.

"Namun, benar-benar sulit memenangkan pertandingan ini. Biasanya waktu 30 menit tidak akan cukup," pungkasnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ponsel Restu Sinaga Raib di Casino Macau