Meneguk Kopi Tanpa Ampas Khas Pangkalpinang

Selasa, 16 Oktober 2012 - 13:59 wib | Windi Wicaksono - Okezone

Kopi Tung Tau (Foto: waroengtungtau)

Meneguk Kopi Tanpa Ampas Khas Pangkalpinang
PANGKALPINANG - Anda pencinta minuman kopi? Bila jalan-jalan ke Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Pangkalpinang, Anda harus mampir ke Warung Kopi Tung Tau.

Sore itu, ketika saya dan rekan mencoba berkeliling kota Pangkalpinang, sopir yang mengantar kami merekomendasikan sebuah tempat nongkrong yang asyik dengan menu kopi nikmat. Kami diantar ke Warung Kopi Tung Tau.

Kami langsung memesan menu yang menjadi andalan, secangkir kopi hitam dan roti bakar keju untuk menemani kami menyeruput kopi. Konon, Kopi Tung Tau sudah terkenal di seluruh kota Pangkalpinang karena sudah ada sejak 1938.

Aroma kopi hitam Tung Tau tak terlalu menggoda, tapi warnanya sangat pekat dan ketika mulai meneguknya, rasa nikmat langsung mampir di lidah dan tenggorokan saya. Rasa kantuk yang tadinya menyerang, juga langsung hilang.

Rasa kopi juga sepertinya akrab dan disukai lidah orang Melayu. Penyeduhan kopi Tung Tau bisa dibilang proses paling penting. Kopi disajikan dengan air mendidih sehingga terasa legit. Dan saat kopi tandas diminum, tak ada sisa ampas di dasar cangkir.

Suasana di Warung Kopi Tung Tau juga terbilang santai. Meski berada di pinggir jalan, lalu lintas kendaraan tak terlalu ramai sehingga Anda tak terlalu terganggung. Sore atau malam menjadi waktu yang pas untuk menikmati Kopi Tung Tau.

Setidaknya, ada tiga cabang Warung Kopi Tung Tau yang terdapat di Pangkalpinang. Namun, yang paling ramai pengunjungnya ada di Jalan Jenderal Sudirman. Jadi, bila main-main ke Bumi Serumpun Sebalai, kopi Tung Tau boleh coba Anda cicipi. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Menikmati Pepes Kopyor di Hotel Bintang Lima