Kenali Gatal-Gatal pada Area Vagina

|

Ina Naulanifa - Okezone

Cemas rasakan gatal pada organ intim (Foto: Corbis)

Kenali Gatal-Gatal pada Area Vagina
GATAL-GATAL pada area vagina sering terjadi tanpa sebab yang jelas. Oleh karena penyebab gatal tidak ditemukan sementara penderita sudah tidak tahan dan merasa sangat terganggu, maka di beberapa kasus dilakukan pengangkatan vagina bagian luar atau vulva untuk menghilangkan rasa gatal.

Berikut ini beberapa penyebab gatal-gatal pada vagina perempuan, seperti yang dilansir dari Buku Pintar Miss V, Cara Cerdas Merawat Organ Intim Wanita karya Fania Burhani.

Faktor kejiwaan

Frustasi, membenci suami, dan kegagalan seks memicu munculnya gatal pada vagina. Gatal karena faktor kejiawaan seperti ini secara fisik tidak ditemukan penyebabnya sehingga pengobatannya harus dengan konseling.

Adanya gangguan lokal di bagian luar vagina

Hal ini muncul jika terjadi peradangan akibat adanya luka. Luka yang timbul kemungkinan sebab sering menggaruk karena menderita keputihan.

Kutu kudis kemaluan

Gatal bisa jadi disebabkan adanya kutu kudis yang ditularkan melalui hubungan seksual dari pasangan yang menderita penyakit kudisan.

Pakaian dalam ketat

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau yang berbahan nylon sering menyebabkan alergi. Gatal bisa juga disebabkan karena alergi dengan bahan pembalut.

Tumor

Adanya tumor yang sedang tumbuh di area kewanitaan juga menyebabkan rasa gatal pada vagina.

Adanya riwayat diabetes atau kencing manis

Segera lakukan tes gula darah untuk mengetahui apakah gatal-gatal kemaluannya disebabkan oleh penyakit diabetes.

Penyebab lain

-  Perempuan yang dalam jangka waktu lama kekurangan gizi, anemia, mengidap TBC, alergi makanan, dan obat-obatan juga sama mengeluh gatal di vagina.

-  Pada perempuan usia lanjut, gatal-gatal terjadi karena perubahan lapisan luar vagina.

-  Terjangkit penyakit menular seksual atau trichomoniasis yang menimbulkan rasa gatal luar biasa dan mengeluarkan bau tidak sedap pada vagina.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ejakulasi Dini Penyebab Terbesar Diabetes