Kenali Gejala & Penanganan Kista

Senin, 12 November 2012 - 21:23 wib | Niken Anggun Nurani - Okezone

Nyeri pada perut bagian bawah (Foto: Corbis)

Kenali Gejala & Penanganan Kista
KISTA pada ovarium adalah penyakit yang ditakuti para wanita. Jangan khawatir, Anda cukup mengetahui apa saja gejala dan bagaimana cara menghindari kista ovarium ini.
 
Banyak wanita yang tidak mengetahui, apa itu kista ovarium. Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang menetap di dalam atau pada permukaan ovarium. Jika folikel di dalam ovarium terjadi menjadi lebih besar dari 2 cm, itu disebut sebagai suatu kista ovarium.
 
Sebagian besar kista benar-benar tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan sama sekali. Mereka menghilang dalam beberapa bulan bahkan tanpa membuat Anda menyadari kehadiran mereka, demikian yang dilansir Magforwoman.
 
Gejala pertama dan terpenting dari kista ovarium adalah, Anda jadi sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena jika kista ovarium tumbuh dalam ukuran, tekanannya jatuh pada kandung kemih yang mengurangi kapasitasnya.
 
Gejala lain dari kista ovarium termasuk menstruasi yang tidak teratur, nyeri panggul selama dan setelah periode dan juga saat berhubungan seks. Perut terasa begah, mual, muntah, dan payudara terasa lebih lembut adalah beberapa gejala lain dari kista ovarium.
 
Kista ini dapat diobati dengan obat penghilang rasa sakit dan pil KB. Jika kista tumbuh dalam ukuran yang menghambat kehidupan sehari-hari Anda, maka konsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan menunggu sekitar dua sampai tiga kaloi siklus menstruasi untuk melakukan operasi.
 
Penting untuk memilih dokter yang bagus karena bila terjadi komplikasi selama proses operasi dapat menyebabkan pengangkatan indung telur dan rahim, bahkan kanker. (ina)
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Alasan Calon Menteri Wajib Cek Gula & Kolesterol