Fillet Ikan, Mudah Kok!

|

Johan Sompotan - Okezone

Fillet ikan (Foto:Sheknows)

Fillet Ikan, Mudah Kok!
Membeli ikan fillet memang lebih gampang ketimbang melakukannya sendiri. Namun bila keadaan mendesak, Anda bisa menerapkan cara mudah mem-fillet ikan.
 
Tidak perlu melihat ukuran ikan yang akan di-fillet, karena Anda bisa melakukanya pada berbagai jenis ikan. Simak cara mem-fillet ikan, seperti dilansir Sheknows berikut ini:
 
Pilih ikan

Sebelum mem-fillet, pastikan ikan harus dalam keadaan segar. Minta sang penjual untuk membersihkan bagian isi perut ikan sehingga saat mem-fillet di rumah, tugas Anda menjadi lebih gampang.
 
Segera eksekusi

Seusai dibeli, cuci ikan gunakan kain lap bersih atau handuk kertas untuk menghilangkan kelembapannya.
 
Pakai pisau tajam
Setelah dibersihkan, ambil pisau yang tajam untuk memulai fillet. Buatlah sayatan di belakang kepala dan insang, potong miring.
 
Buatlah garis
Dengan memakai ujung pisau, kemudian putar pisau membentuk sebuah garis sehingga pisau bisa menuju ke bagian ekor ikan. Masih dengan memakai ujung pisau, potong bagian atas ikan sehingga pisau Anda berhenti pada bagian tulang dan sirip ikan di atas. Ketika mendekat ke bagian ekor, maka pisau akan bisa memotong secara garis lurus.
 
Angkat ikan dengan lembut

Jika sudah membelah sampai bagian ekor, gunakan tulang belakang sebagai panduan menjalankan ujung pisau untuk mem-fillet. Lakukan secara perlahan.
 
Balikkan ikan
Kalau sudah selesai, balikkan ikan lalu lakukan pada posisi lain. Fillet ikan kini bisa segera Anda olah sesuai resep favorit. Kalau tidak akan segera diolah, simpan di kulkas atau bekukan di freezer yang bisa bertahan sampai dua pekan. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sop Sodara Makassar, Kesukaan Hedi Yunus