2013, Restoran Lebih Seru dengan Semi Open Kitchen

|

Dewi Yanti - Okezone

Ilustrasi (Foto: asia-bars)

2013, Restoran Lebih Seru dengan Semi Open Kitchen
MENYANTAP makanan lezat menjadi kepuasan tersendiri bagi siapa saja. Mungkin beberapa dari kita penasaran bagaimana seorang chef menyajikan menu pilihan hingga tersaji di meja. Ini menjadi salah satu tren restoran yang menjamur pada 2012, semi open kitchen. Akankah berkembang di 2013?

Semi open kitchen
adalah sebuah konsep penyajian menu kepada pengunjung dimana sang juru masak memperlihatkan keahliannya di depan pengunjung. Tentunya, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan chef sekaligus menambah theatrical feelings selama menikmati sajian pesanannya.

Beberapa restoran di Jakarta yang telah menerapkan konsep semi open kitchen adalah The Belly Clan di Lobby Intiland Tower dan Pastis Kitchen & Bar di Aston at Kuningan Suites.

“Konsep ini menarik bagi pengunjung karena mereka bisa melihat secara langsung seorang chef plating dish dan juga bagaimana seorang chef itu bekerja di dapur, misalnya memotong sayuran, membuat dessert, dan lain-lain,“ kata Chef Hengky Efendy, Excecutive Chef The Belly Clan, kepada Okezone, baru-baru ini.

Lalu, seperti apakah jenis menu yang bisa diterapkan dengan konsep dapur semacam ini? Tentunya, menu yang disajikan di atas piring memerlukan penataan menarik sehingga bisa menambah selera makan.

”Konsep seperti ini cocok diterapkan untuk jenis makanan yang platted dish, artinya makanan yang di tampilkan di atas piring harus simpel, menarik, elegan, dan sexy food,” lanjutnya.

Sementara di Pastis Kitchen and Bar, konsep semi open kitchen diterapkan dengan menggabungkan bar, semi open kitchen, dan backyard (ruang terbuka). Restoran berdesain interior ala Kota Paris inipun ingin memperlihatkan kepada pengunjung bagaimana aksi para chef-nya menyajikan menu restoran.

“Semakin banyak restoran yang akan menerapakan konsep ini, khususnya restoran yang mengusung fun dining karena mereka dapat melihat live cooking dan mengetahui kehiginiesan makanan, bagaimana chef mengolah bahan masakan, penggunaan alat-alat masak, apakah menggunakan hand glove (sarung tangan) atau tidak,“ jelas Chef Deni Wardana, Excutive Chef Pastis Kitchen & Bar.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Ciri Pisau Dapur Murah & Mahal