Perpanjang Usia dengan Olahraga

|

SINDO -

Olahraga baik untuk kesehatan (Foto: Google)

Perpanjang Usia dengan Olahraga
BAGI anda yang sudah berumur mulai sekarang mari giatkan diri untuk berolahraga. Studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari U.S. National Cancer Institute (NCI) menemukan bahwa menjaga kebugaran tubuh di usia di atas 40 tahun dapat memperpanjang usia antara 2-7 tahun.

Dan, semakin sering berolahraga, semakin panjang ekspektasi usia. ”Ada hubungan antara aktivitas fisik dan perpanjangan usia,” kata Investigator Steven Moore, peneliti dari NCI.
 
Dilansir dari Healthday.com, Steven mengatakan, menjalani olah tubuh selama beberapa menit dalam sehari berefek positif pada ekspektasi usia. Olahraga dapat memperpanjang usia dengan cara menjaga tubuh dari berbagai penyakit serius.

Steven menambahkan, penelitian lain telah berhasil menyimpulkan hubungan antara aktivitas fisik dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan kanker. ”Intinya, berolahraga baik untuk tubuh, semakin sering makin baik,” sebutnya.
 
Penelitian ini dipublikasikan pada 6 November lalu di jurnal PLoS Medicine. Steven dan rekan-rekannya menyatukan dari 6 penelitian yang melibatkan lebih dari 650.000 orang. Berpanduan pada data ini, peneliti dapat mengalkulasikan peluang pertambahan usia dari berbagai jenis aktivitas fisik yang dilakukan setelah usia 40 tahun. Misalnya berjalan kaki cepat selama 75 menit setiap minggu dapat memperpanjang usia 1,8 tahun.

Sementara berjalan kaki 150-299 menit setiap hari bisa menambah usia 3,4 tahun. Bahkan, perpanjangan usia bisa mencapai 4,5 tahun jika berjalan 450 menit dalam seminggu. Perpanjangan usia ini berlaku bagi pemilik tubuh normal hingga obesitas.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Gigi Berlubang Jika Dibiarkan Picu Kista!