Pasang Surut Bisnis, Desainer Tak Boleh Stagnan

|

Dwi Indah Nurcahyani - Okezone

Irna Mutiara (Foto: dok Okezone)

Pasang Surut Bisnis, Desainer Tak Boleh Stagnan
MELAKONI bisnis memang tak selamanya berjalan mulus. Ancaman gagal selalu menghadang setiap waktu. Inovasi dan kreativitas menjadi kunci agar perjalanan bisnis aman dari serangan tersebut.

Saat memutuskan berbisnis, seseorang memang dituntut untuk siap menghadapi segala kemungkinan baik itu sukses ataupun gagal. Ibarat sekolah, perjalanan bisnis menjadi lahan untuk mematangkan pebisnis dalam membesarkan usaha yang dirintisnya.

Irna Mutiara, desainer busana muslim ini pun demikian. Berbagai tantangan yang menghadangnya dalam bisnsi yang digelutinya dianggapnya sebagai pelajaran.

“Kalau kita sudah mulai berani berbisnis, artinya kita berani untuk ambil risiko gagal. Untung dan ruginya juga sudah berani. Jadi ketika melangkah memang sudah memutuskan siap dengan keadaan seperti itu,” ungkapnya saat bertandang ke redaksi Okezone di gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, baru-baru ini.

Bagi Irna, apa pun yang menghadang bisnisnya selama ini merupakan bagian dari proses menuju kesuksesan. Hal  terpenting ketika kegagalan menghampiri, jangan takut untuk bangkit kembali. Sebaliknya, jadikan momen tersebut untuk menciptakan lompatan besar yang bisa memajukan bisnis yang digeluti.

“Kita harus cari peluang bagaimana yang kira-kira menguntungkan atau yang kira-kira dapat berjalan lancer. Ketika mulai merasakan stagnan itu harus ada lompatan-lompatan. Kita pun harus hati-hati dengan kondisi yang ada. Siapa tahu di belakang kita ada yang bergerak juga. Intinya harus selalu waspada. Ibarat menyetir, maka adakalanya melihat spion untuk melihat keadaan sekitar baik itu pinggir, belakanag dan sisi lainnya. Kita tetap perlu memantau kompetitor, tapi tetap harus maju karena targetnya ada di depan. Jadi jangan mundur,” tutupnya. (tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Mimpi Sea World Jadi Wisata Terbaik Kandas!