Dibuat Merem-Melek Asinan Betawi Rawamangun

Kamis, 29 November 2012 - 13:59 wib | Dewi Yanti - Okezone

Asinan Rumah Makan Betawi H. Mansyur (Foto: Dewi/Okezone)

Dibuat Merem-Melek Asinan Betawi Rawamangun
DATANG ke Jakarta tapi tidak mencoba menu kuliner Betawi, gak afdol! Kuliner Betawi punya menu segar, namanya asinan Betawi yang bisa bikin mata merem-melek.

Asinan Betawi memang sangat segar di lidah, apalagi untuk santap siang. Di Jalan Kamboja III No.10, Rawamangun, Jakarta Timur, berdiri Rumah Makan Asinan Betawi H. Mansyur, yang menu favoritnya siap membuat Anda ketagihan.

Rumah makan ini sudah ada sejak 1970an dan sekarang usahanya diteruskan oleh anak-anak juga menantunya. Tidak sulit untuk menemukan rumah makan ini karena kesegaran dan gurih asinan Betawi di sini sangat tersohor.

Buktinya, saat didatangi pukul 09.30 WIB, terlihat tujuh orang yang mengelola rumah makan ini sibuk melayani 100 pesanan asinan. Sementara itu, beberapa pengunjung mulai berdatangan ingin membawa pulang asinan sayur. Padahal, rumah makan ini baru mulai buka pukul 10.00 WIB.

Awalnya, sang pemilik pertama, H. Mansyur, menjajakan asinan sayur dan asinan buah dengan cara dipikul mengelilingi area Rawamangun. ”Bapak awalnya hanya memikul dagangannya di sekitar Rawamangun, tapi karena faktor usia dan pekerjaan Bapak sebagai satpam di sekitar komplek ini, jadi Bapak memutuskan untuk buka di rumah saja,” kata Ayu, menantu H. Mansyur.

Menu yang ditawarkan di sini hanya ada dua, yaitu asinan sayur dan asinan buah khas Betawi. Asinan sayur menjadi yang terlaris, bisa habis 500 porsi sehari, kalau cuaca cerah. Rasanya yang gurih, manis-asem, dan pedas dari sambal kacangnya yang kental membuatnya sangat terkenal dari mulut ke mulut. Mata benar-benar diajak merem-melek!

Jika berniat mencicipi asinan sayur dan buah di Rumah Makanan Asinan Betawi, siap-siap saja mengantre karena peminatnya memang sangat banyak, apalagi pada jam makan siang. Rumah makan ini buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Ruangannya yang bersih dan nyaman mampu menampung hingga 50 orang. Kebiasaan banyak pengunjung membawa pulang pesanannya.

Datang ke Jakarta, nikmati juga sajian khasnya yang ditawarkan di banyak sisi kota. Untuk menu segar pencuci mulut, Asinan Betawi bisa menjadi pilihan Anda. Enjoy Jakarta! (adv) (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Di Kanada, Wine dari Tomat