Hijau, Tren Warna 2013

|

SINDO -

Hijau emerald tren 2013 (Foto: Google)

Hijau, Tren Warna 2013
BERKENAAN dengan isogreen living atau gaya hidup yang ramah lingkungan, dunia fesyen melalui Pantone Inc menetapkan hijau emerald sebagai tren warna 2013.

”Hijau adalah tema besar yang memengaruhi berbagai sektor, dari politik, industri, hingga gaya hidup, termasuk di dalamnya fashion yang mengarah ke industri yang berkelanjutan,” kata Direktur Eksekutif Pantone Color Institute Leatrice Eiseman. ”Singkatnya, pada 2013, green is the new black,” ujarnya.

Eiseman mengatakan, hijau sudah menjadi warna utama dalam fashion sejak 1990-an, ketika gaya hidup kembali ke alam mulai menjadi tren. Namun, para pelaku mode belum melihat hijau sebagai elemen utama dalam fesyen, kebanyakan hanya dihadirkan sebagai elemen tambahan.

”Hijau memang bukan warna baru dalam fesyen, bahkan warna ini sudah banyak digunakan era 1990-an. Namun, sekarang karakter hijau sebagai warna utama makin menonjol, terutama dengan adanya latar belakang psikologis dari hijau sebagai warna yang memberikan ketenangan, keseimbangan, dan kepedulian terhadap lingkungan,” papar Eiseman.

Lebih dari itu, Eiseman juga menambahkan bahwa hijau emerald yang dipilih Pantone juga merupakan warna yang melambangkan pertumbuhan, pembaruan, regenerasi, serta kesatuan. ”Semua hal yang kita perlukan untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” kata Eiseman.

Di atas catwalk, tren hijau emerald ini sudah muncul di pertunjukan Michael Kors, Nanette Lepore, dan Vivienne Tam. Tidak ketinggalan Tracy Reese yang membuat hijau terlihat kenes dalam bentukan pita. Adapun, menyeberang ke desain interior, hijau menjadi padanan yang pas untuk berbagai warna lain, mulai hitam, biru, putih, bahkan kuning.

”Tambahkan hijau sebagai elemen di ruang keluarga atau dapur, maka Anda pun bisa mendapatkan sentuhan kesegaran,” ungkap Eiseman.

Di dunia kecantikan pun, hijau tidak luput digunakan sebagai warna tata rias untuk mempercantik wajah. Sephora sudah mengaplikasikan hijau dalam ragam pemulas mata, eyeliner, maskara, serta cat kuku.

”Hijau adalah warna yang penuh gairah dan sangat versatile,” kata Senior Vice President Merchandising Sephora Margarita Arriagada.

Tren warna 2013 memang kontras dengan tren warna sebelumnya, tangerine tango atau palet merah oranye. “Konsumen secara sadar berpindah dari sesuatu yang eksperimental ke gaya yang lebih dewasa dan anggun,” ujarnya.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Husein "Idol" Ingin Punya Kulit Putih Bersih