Efek Samping Pengangkatan Rahim

|

Niken Anggun Nurani - Okezone

Konsultasi dengan dokter (Foto: Google)

Efek Samping Pengangkatan Rahim
HISTEREKTOMI adalah suatu pengangkatan rahim yang dilakukan dengan pembedahan. Dalam kondisi tertentu, ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi kesehatan. Namun, tidak sedikit juga dilakukan tanpa alasan yang benar.
 
Keputusan menjalani histerektomi tidak boleh dianggap remeh. Seringkali pembedahan ini dilakukan karena alasan yang tidak tepat, seperti pengangkatan mioma kecil. Padahal, pembedahan ini harus dilakukan jika timbul gejala yang benar-benar mengharuskan tindakan tersebut.
 
Namun jika harus menjalani tindakan tersebut, Anda harus memikirkan ulang dan berkonsultasi dengan dokter, terkait adanya efek samping setelah pembedahan. Menurut buku Panduan Kesehatan Keluarga karya Dr. Miriam Stoppard, ada beberapa efek samping yang bisa terjadi usai pembedahan. Misalnya hilangnya gairah seksual,  beberapa wanita bahkan kehilangan kemampuan untuk orgasme.
 
Konsekuensi emosional dari histerektomi juga timbul. Wanita jadi merasa kehilangan sesuatu  sebagai wanita (rahim). Ini akan mempengaruhi seksualitas wanita tersebut. Banyak wanita yang mengalami depresi setelah pembedahan. Terutama mereka yang merasa tidak yakin akan menjalani pembedahan tersebut.
 
Untuk itu, pastikan Anda sudah melakukan usaha pengobatan alternatif, mencari tahu cara pengobatan lain, dan mendapatkan pendapat kedua jika Anda ragu untuk melakukan pembedahan. Mendengarkan pendapat dari pihak lain akan membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.
(tty)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Buang Ingus yang Tak Membahayakan