Wah, Hidup di Asia Lebih Mahal daripada Paris!

|

Adhia Azkapradhani - Okezone

Tokyo, Jepang (Foto: Jjc)

Wah, Hidup di Asia Lebih Mahal daripada Paris!
SEIRING dengan perkembangan ekonomi yang begitu pesat di beberapa bagian Asia, maka kota dengan biaya hidup termahal pun bergeser. Asia kini lebih mahal dibandingkan Eropa.

Sebuah survei mengenai biaya hidup oleh perusahaan informasi, ECA International, mengungkapkan daftar kota beserta biaya hidup yang harus dikeluarkan para warga juga ekspatriatnya. Kota-kota tersebut kemudian diurutkan, dari yang termahal hingga termurah.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Tokyo, Jepang, menjadi kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Bahkan, empat dari 10 kota dengan biaya hidup termahal di dunia diduduki oleh kota-kota di Jepang.

Yang mengejutkan, Kota Paris yang begitu mewah berada di posisi ke-42. Biaya hidup di Paris ternyata lebih murah daripada sejumlah kota di Asia, seperti Hong Kong (urutan ke-32), Beijing (urutan ke-22), dan Shanghai (urutan ke-26). Demikian seperti dilansir HuffingtonPost, Senin (17/12/2012).

Temuan ECA menunjukkan bahwa peningkatan ekonomi di Asia memberikan pengaruh cukup besar bagi seluruh dunia. Dari survei tersebut, bukan tidak mungkin jika imej liburan mewah ke Paris suatu saat nanti akan menjadi liburan yang biasa saja bagi warga Asia.

Daftar biaya hidup yang dikeluarkan ECA sendiri dihitung berdasarkan biaya pokok sehari-hari, termasuk barang dan jasa. Bahan makanan, minuman, pakaian, dan makanan di masing-masing kota turut menjadi pertimbangannya.
(ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Irfan Hakim Sempatkan Liburan Keluarga Sebulan Sekali