Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi

|

Genie - Genie

(Foto: tasteoftanzania)

Agar Santan Kelapa Tidak Mudah Basi
RASANYA tentu menyebalkan bila santan yang sudah kita peras ternyata cepat basi. Cerita ini tentu berbeda dengan santan praktis dalam kemasan karena lebih tahan lama selama belum dibuka.

Cara menyimpan santan kelapa agar tidak mudah basi bergantung pada kapan Anda akan menggunakannya. Berikut tipsnya:

Menyimpan santan dalam jangka pendek

- Cara pertama: masukkan caai merah ke dalam santan sebelum disimpan dalam lemari pendingin. Santan akan segar selama beberapa hari.
- Cara kedua: masukkan satan dalam wadah atau plastik tertutup dan masukkan ke dalam lemari es. Santan bisa bertahan 4-6 hari.
- Cara ketiga: parut kelapa yang belum diperas, siram dengan air panas terlebih dahulu, lalu didinginkan. Setelah itu, masukkan ke dalam lemari pendingin. Peras parutan kelapa jika hendak digunakan.
- Cara keempat: parut kelapa disiram air panas atau direbus lalu dinginkan. Simpan dalam wadah (tidak dalam kulkas) dan rebus kembali setiap 6 jam. Santan bisa bertahan selama 24 jam.

Menyimpan santan dalam jangka panjang

- Cara pertama: rebus santan dengan sedikit garam, dinginkan, dan taruh dalam plastik. Setelah itu masukkan ke dalam frezzer. Santan bisa bertahan selama 1 bulan.
- Cara kedua: simpan santan dalam plastik atau wadah tertutup rapat. Masukkan ke dalam freezer dan biarkan beku. Dengan cara ini, santan bisa bertahan sampai 3 bulan. Carikan sekira 24 jam sebelum digunakan.
- Cara ketiga: simpan dengan cara pengalengan. Dengan cara ini, santan bisa bertahan selama 2 tahun. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Kentang Goreng Fastfood, Karina Salim Suka