2013, Bali Target Jaring 3,1 Juta Wisman

|

Rohmat - Okezone

Pantai Kuta, Bali, populer di kalangan wisatawan mancanegara (Foto: Rohmat/Okezone)

2013, Bali Target Jaring 3,1 Juta Wisman
DENPASAR - Wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Pulau Bali pada 2013 ditargetkan bisa mencapai 3,1 juta orang. Beberapa alasan menguatkan keyakinan terlampauinya target tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali IB Subhiksu menyatakan keyakinannya jika target 3,1 juta wisatawan bisa dilampaui. Ini melihat banyaknya kegiatan berskala internasional yang akan digelar di Pulau Dewata, seperti KTT APEC, pemilihan Miss World, Bali Democracy Forum, dan beberapa kegiatan internasional lainnya.

"Target 3,1 juta wisatawan sangat realistis dengan melihat tren pasar saat ini dan beberapa event besar di tahun ini," katanya ditemui wartawan di Kantor Gubernur Bali Renon, Denpasar, Rabu (2/1/2013).

Faktor lain yang menambah keyakinan itu, sambung Subhiksu, adalah pembangunan infrastruktur, seperti jalan dan bandara yang diharapkan rampung pertengahan tahun. Mega proyek underpass, jalan tol, dan perluasan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai sangat mendukung bagi peningkatan sektor pariwisata.

Menurut dia, target 3,1 juta wisatawan tidaklah muluk-muluk. Ini jika mengacu tren pertumbuhan kunjungan wisatawan dalam llima tahun terakhir, yang berkisar di angka 10 sampai 12 persen.

Dari data yang dihimpunnya, jumlah kunjungan wisman hingga Oktober 2012 sudah mencapai 2.888.864 orang. Jumlah itu sementara karena masih menunggu data resmi dari Imigrasi pada dua bulan terakhir, November hingga Desember.

"Tahun 2012, target kunjungan wisatawan asing ke Bali sebesar 2,8 juta orang sehingga bila pencapaiannya di atas 85 persen hingga 100 persen, tentu ini pencapaian yang luar biasa," imbuhnya. Karenanya, untuk kunjungan tahun 2013, pihaknya berani menaikkan target hingga 3,1 juta orang.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, pasar terbesar didominasi wisatawan asal Australia, sejumlah 684 ribu orang hingga Oktober 2012. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Harapan Puteri Pariwisata 2012 pada Menparekraf Baru