Membanggakan, Kabupaten Raja Ampat vs Negara Maladewa

Kamis, 10 Januari 2013 - 18:06 wib | Mutya Hanifah - Okezone

Desa Arborek di Kabupaten Raja Ampat yang indah (Foto: Fitri/Okezone)

Membanggakan, Kabupaten Raja Ampat vs Negara Maladewa
DALAM banyak kesempatan, kecantikan alam Raja Ampat kerap dibandingkan dengan Maladewa atau Maldives. Ternyata, ini bukan pertama kalinya, bahkan dalam perhelatan dunia.

Raja Ampat disandingkan dengan destinasi-destinasi pulau cantik lain dari seluruh dunia, seperti Maladewa, Santorini, Bahama, Hawaii, Vanuatu, dan St.Lucia sebagai 10 Destinasi Pulau Impian 2013. Memang, pesona Raja Ampat sering dibandingkan dengan destinasi pulau indah lain di dunia.

"Dalam festival-festival atau kegiatan internasional, Raja Ampat pasti selalu dibandingkan dengan Maladewa atau Karibia. Karena sama cantiknya, bahkan tidak kalah!," kata Yusdi Lamatenggo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, saat dihubungi Okezone, Kamis (10/1/2013).

Yang membanggakan, tambah Yusdi, status Raja Ampat yang 'hanya' kabupaten dibandingkan dengan Maladewa yang merupakan sebuah negara. "Mereka membandingkan Raja Ampat dengan Maladewa. Raja Ampat itu kabupaten dan Maladewa tingkatannya negara, tapi ternyata kabupaten saja bisa memiliki potensi segini besar," jelasnya.

Dikatakan Yusdi, potensi Raja Ampat di Provinsi Papua Barat masih lebih baik dibandingkan Maladewa. "Raja Ampat punya 1.846 pulau sedangkan Maladewa hanya 1.100 pulau. Keanekaragaman hayati juga kita yang lebih banyak," tuturnya.

Hanya saja, masalah pengelolaan yang menjadi pembeda Maladewa dan Raja Ampat. "Karena negara, pengelolaan wisata di Maladewa itu bisa dilakukan seoptimal mungkin. Sedangkan Raja Ampat kan tingkatan kabupaten, masih harus melewati tingkatan provinsi lagi, baru kemudian sampai ke pusat," tutupnya. (ftr)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 20:05 WIB

      Pesta Rakyat Hidupkan Budaya Indonesia

      Kebudayaan Indonesia mulai tersisih, kehadiran budaya barat mulai mewabah. Pesta Rakyat penting mengembalikan kejayaan budaya Indonesia.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 19:13 WIB

      Dewi Gita: Sea World, Gak Perlu Ditutup

      Dewi Gita kaget ditutupnya Sea World. Menurutnya Sea World tidak perlu ditutup sebab telah menjadi tempat edukasi anak soal biota laut.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 18:00 WIB

      Parade Sambut Presiden, Simbol Pemersatu Bangsa

      WARGA Jakarta larut dalam parade budaya di Bundaran HI saat menyambut Presiden Jokowi. Parade ini dianggap sebagai simbol pemersatu bangsa.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 17:05 WIB

      Pengalaman Miss Earth di Thailand

      Thailand merupakan wisata Asia Tenggara. Miss Earth Margenie Winarti menceritakan pengalaman menjelajah wisata di negeri Gajah Putih.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 16:03 WIB

      Thailand, Negeri Penuh Histori

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara memiliki wisata histori. Hal tersebut diceritakan Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 15:00 WIB

      Ke Thailand, Sambangi Sukhothai

      Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang harus dikunjungi ketika berwisata. Salah satu tak boleh dilewatkan adalah Sukhothai.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:19 WIB

      Lepas Lampion, Warga Jakarta Kecewa

      Ada yang kurang memuaskan dari acara syukuran rakyat di Monas. Pelepasan lampion yang dinanti tidak berjalan seperti diharapkan.

       

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 14:02 WIB

      Miss Earth Air 2014 Betah di Thailand

      Asia dikenal ramah tamahnya, termasuk Thailand. Hal ini diakui Miss Earth Air 2014 Margenie Winarti. Baginya merasa betah ada di Thailand

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 12:00 WIB

      "Pesta Rakyat Kok Sisakan Sampah"

      Syukuran rakyat Salam Tiga Jari telah usai digelar di Monas, tapi meski usai Monas menyisakan banyak sekali sampah bekas makanan.

    • Travel
      Selasa, 21 Oktober 2014 11:36 WIB

      Pesta Rakyat, Monas Tampil Beda

      Monumen Nasional berbeda dari biasanya saat syukuran rakyat. Monas yang biasa tampil polos, kini dihias beberapa simbol bertema Indonesia.

    Baca Juga

    Pesta Rakyat Hidupkan Budaya Indonesia